Menu - Pages

Pages

Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Versi 06.2017 Tahun 2017



      Aplikasi ini diperuntukkan bagi guru Kelas dan Mata Pelajaran di Sekolah Dasar (Penjaskes, Pendidikan Agama dan Mapel Muatan Lokal). Aplikasi ini didasarkan pada Petunjuk/ Panduan Penilaian untuk SD Tahun 2017.   Deskrpsi Capaian Apalikasi mendeskripsikan capaian maksimum dan capaian minimum dari masing-masing KD sehingga hanya ada 2 KD yang dideskripsikan. Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2. 4. Kompetensi Dasar sudah terintegrasi dalam aplikasi, sehingga memudahkan Guru dalam menjalankan aplikasi. 


Contoh Deskripsi Aspek Pengetahuan: Kompetensi pengetahuan baik. Sangat menguasai huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap. Cukup menguasai huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap.   


Contoh Deskripsi Aspek Ketrampilan: Kompetensi ketrampilan cukup. Terampil melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya. Terampil melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.      


Contoh Deskripsi Aspek Sikap Spiritual: Abdi Perkasa Daulay selalu ketaatan beribadah, baik dalam sikap mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan, baik dalam sikap berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, baik dalam sikap toleransi dalam beribadah                               
    
Contoh Deskripsi Aspek Sikap Sosial:   Abdi Perkasa Daulay selalu ketaatan beribadah, baik dalam sikap mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan, baik dalam sikap berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, baik dalam sikap toleransi dalam beribadah.

Untuk Mencobanya Silahkan  download disini     
Contoh Output Raport dapat di download disini

.



Untuk Mencobanya Silahkan  download disini


Baca Link Tautan Berikut:

Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk SMP/MTs Tahun 2017

Aplikasi ini didasarkan pada Juknis Permen 23 Tahun 2016.  Terdapat perbedaan dengan sistem penilaian sebelumnya, bahwa guru mata pelajaran tidak lagi menilai aspek sikap pada pebelajaran langsung, akan tetapi guru mapel membuat catatan jurnal (aspek sikap dinilai oleh guru BK, Agama, PKn dan Wali kelas).

Perbedaan lainnya, capaian deskripsi didasarkan hasil capaian siswa pada KD, Nilai UH KD1, KD2, dst, nilai UTS KD1, KD2, dst dan Nilai UAS KD1, KD2, dst. Sehingga nilai UTS dan UTS tidak lagi 1 (satu) nilai bulat tetapi dipecah menjadi capaian KD1, KD2, dst.
 
Deskrpsi Capaian Apalikasi mendeskripsikan Capaian Maksimum dan Capaian Minimum dari masing-masing KD sehingga hanya ada 2 KD yang dideskripsikan.
Aplikasi ini dilengkapi dengan:

Input Data Aplikasi:
1.  Data  Siswa; 2. Data Sekolah;  3. Input KD  KI-3 dan KI-4;  4. Input Nilai Aspek Pengetahuan;  5. Input Nilai
Aspek Ketrampilan; 6. Format Penilaian Autentik (Unjuk Kerja, Proyek dan Portofolio). dan 7.  Format Jurnal
Contoh Deskripsi Otomatis Aspek Pengetahuan 
Kompetensi pengetahuan sangat baik, sangat menguasai gerak spesifik seni beladiri, menguasai
gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional 
Contoh Deskripsi Otomatis Aspek Ketrampilan :  
Kompetensi ketrampilan baik, sangat terampil mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat,
dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional, terampil mempraktikkan
gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
Untuk Mencobanya Silahkan  download disini

PANDUAN PENYELENGGARAAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH

,



Bimbingan dan konseling di sekolah diselenggarakan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik/konseli agar mampu mengaktualisasikan potensi dirinya dalam rangka mencapai perkembangan secara optimal. Fasilitasi dimaksudkan sebagai upaya memperlancar proses, karena secara kodrati setiap manusia berpotensi untuk berkembang.
Peserta didik/konseli SMP adalah individu yang sedang berkembang. Untuk mencapai perkembangan optimal, potensi-potensi peserta didik perlu difasilitasi melalui berbagai komponen pendidikan, yang salah satu di antaranya adalah layanan bimbingan dan konseling.

Bimbingan dan konseling saat ini merupakan upaya pengembangan potensi-potensi positif individu. Semua peserta didik berhak mendapatkan layanan bimbingan dan konseling agar potensi-potensi positif yang mereka miliki berkembang optimal. Pengembangan potensipotensi positif memungkinkan individu mencapai aktualisasi diri. Meskipun demikian, paradigma bimbingan dan konseling ini tidak mengabaikan layanan-layanan yang berorientasi pada pencegahan (preventif) dan pengatasan masalah (kuratif).

Upaya mewujudkan potensi peserta didik/konseli menjadi kompetensi dan prestasi hidup memerlukan sistem layanan pendidikan integratif. Kompetensi hidup dikembangkan secara isi-mengisi atau komplementer antara guru bimbingan dan konseling atau konselor dengan guru mata pelajaran dalam satuan pendidikan.

Setiap peserta didik memiliki potensi (kecerdasan, bakat, minat, kepribadian, kondisi fisik), latar belakang keluarga, serta pengalaman belajar yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan peserta didik/konseli memerlukan layanan pengembangan yang berbeda-beda pula.

Silahkan download disini




Baca Lainnya:
Aplikasi Raport Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Aplikasi ini diperuntukkan bagi guru Kelas dan Mata Pelajaran di Sekolah Dasar (Penjaskes, Pendidikan Agama dan Mapel Muatan Lokal). Aplikasi ini didasarkan pada Petunjuk/ Panduan Penilaian untuk SD Tahun 2016.
Deskrpsi Capaian Apalikasi mendeskripsikan capaian maksimum dan capaian minimum dari masing-masing KD sehingga hanya ada 2 KD yang dideskripsikan. Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 8 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 6 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2
Baca Selanjutnya

Aplikasi Raport SSekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs)
Aplikasi ini didasarkan pada Juknis Permen 23 Tahun 2016.  Terdapat perbedaan dengan sistem penilaian sebelumnya, bahwa guru mata pelajaran tidak lagi menilai aspek sikap pada pebelajaran langsung, akan tetapi guru mapel membuat catatan jurnal (aspek sikap dinilai oleh guru BK, Agama, PKn dan Wali kelas).
Deskrpsi Capaian Apalikasi mendeskripsikan Capaian Maksimum dan Capaian Minimum dari masing-masing KD sehingga hanya ada 2 KD yang dideskripsikan
Baca Selanjutnya ...


Link Topik Lainnya:
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
- Aplikasi Nilai dan Raport Kur 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD) Tahun 2017
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs/SMA-MA
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016 

- Aplikasi Penelusuran Gaya Belajar Siswa
- Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)
- Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda 
- Analisis Butir Soal (ABS) Uraian
- Apilkasi Penelusuran Minat Siswa SMP 

APLIKASI NILAI RAPORT SD/MI KURIKULUM 2013 TAHUN 2017

Aplikasi ini diperuntukkan bagi guru Kelas dan Mata Pelajaran di Sekolah Dasar (Penjaskes, Pendidikan Agama dan Mapel Muatan Lokal). Aplikasi ini didasarkan pada Petunjuk/ Panduan Penilaian untuk SD Tahun 2016
 
Deskrpsi Capaian Apalikasi mendeskripsikan capaian maksimum dan capaian minimum dari masing-masing KD sehingga hanya ada 2 KD yang dideskripsikan. Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 8 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 6 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2.

Contoh Deskripsi Aspek Pengetahuan:
Kompetensi pengetahuan baik. Sangat menguasai huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap. Cukup menguasai huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap.   
 
Contoh Deskripsi Aspek Ketrampilan:
Kompetensi ketrampilan cukup. Terampil melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya. Terampil melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.     

Contoh Deskripsi Aspek Sikap Spiritual:
Abdi Perkasa Daulay selalu ketaatan beribadah, baik dalam sikap mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan, baik dalam sikap berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, baik dalam sikap toleransi dalam beribadah            
               
Contoh Deskripsi Aspek Sikap Sosial:  
Abdi Perkasa Daulay selalu ketaatan beribadah, baik dalam sikap mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan, baik dalam sikap berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, baik dalam sikap toleransi dalam beribadah         
                  
 Aplikasi Raport Kurikulu 2013 Untuk Sekolah Dasar
Output Raport:
1. Raport Semester    2. Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger     3. Buku Induk Siswa
 
Support Aplikasi dengan Ms Office Excel 2007 install Standard
Aplikasi berformat *.EXE (Application)
Contoh Deskripsi Capaian Aplikasi
Pemesanan Aplikasi: Untuk menghindari pihak lain memanfaatkan aplikasi untuk mengampil keuntungan, aplikasi ini tidak dipublikasi. Guru/Sekolah harus memesan langsung via email (purnawanto@gmail.com) atau SMS/WhatsApp 0822-9403-5365
Kirim Bukti Transfer Donasi Rp 250.000,- ; Nama Sekolah, Mapel Muatan Lokal dan alamat email.
Bonus Aplikasi lainnya:
            1.   Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH) + ABS
2.   Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Essay
3.   Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda
4.   Aplikasi Analisis Gaya Belajar Siswa
5.   Aplikasi Tes Kepribadian
6.   Aplikasi Tes Who I Am
7.   Aplikasi Supervisi Administrasi Perencanaan dan Penilaian Pembelajaran
8.   Aplikasi Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran Kur 2006/2013
9.   Aplikasi Supervisi Guru BK
10. Aplikasi Supervsi Pembinaan Kepala Sekolah
11. Aplikasi PK Guru, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dll 
Link Topik Lainnya:
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
- Aplikasi Nilai dan Raport Kur 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD) Tahun 2017
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs/SMA-MA
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016 
- Aplikasi Penelusuran Gaya Belajar Siswa
- Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)
- Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda 
- Analisis Butir Soal (ABS) Uraian
- Apilkasi Penelusuran Minat Siswa SMP 

APLIKASI NILAI RAPORT KURIKULUM 2013 SMP/MTs TAHUN 2017

Aplikasi ini didasarkan pada Juknis Permen 23 Tahun 2016.  Terdapat perbedaan dengan sistem penilaian sebelumnya, bahwa guru mata pelajaran tidak lagi menilai aspek sikap pada pebelajaran langsung, akan tetapi guru mapel membuat catatan jurnal (aspek sikap dinilai oleh guru BK, Agama, PKn dan Wali kelas).
Perbedaan lainnya, capaian deskripsi didasarkan hasil capaian siswa pada KD, Nilai UH KD1, KD2, dst, nilai UTS KD1, KD2, dst dan Nilai UAS KD1, KD2, dst. Sehingga nilai UTS dan UTS tidak lagi 1 (satu) nilai bulat tetapi dipecah menjadi capaian KD1, KD2, dst.
Deskrpsi Capaian Apalikasi mendeskripsikan Capaian Maksimum dan Capaian Minimum dari masing-masing KD sehingga hanya ada 2 KD yang dideskripsikan.
Aplikasi ini dilengkapi dengan:




Input Data Aplikasi:


1.  Data  Siswa; 2. Data Sekolah;  3. Input KD  KI-3 dan KI-4;  4. Input Nilai Aspek Pengetahuan;  5. Input Nilai Aspek Ketrampilan; 6. Format Penilaian Autentik (Unjuk Kerja, Proyek dan Portofolio). dan 7.  Format Jurnal





Output Aplikasi:

1.  Daftar Nilai KI-3;   2. Daftar Nilai KI-4;  3. Rekap Nilai dan Deskripsi KI-3 dan KI-4

4.  Daya Serap;  5. Ranking dan  6. Laporan UTS




Keunggulan:

1.    Nilai rerata, nilai raport dan konversi predikat otomatis terhitung.

2.    Output Deskripsi Capaian KD KI-3 dan KI-4 otomatis

3.    Output Nilai Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan

4.    Kata depan Deskripsi Capaian KD KI-3 dan KI-4 dapat disesuaikan.
Contoh Deskripsi Otomatis Aspek Pengetahuan:  
     Kompetensi pengetahuan sangat baik, sangat menguasai gerak spesifik seni beladiri, menguasai gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

Contoh Deskripsi Otomatis Aspek Ketrampilan : 
Kompetensi ketrampilan baik, sangat terampil mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau tradisional, terampil mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

Output Raport:
1. Raport Semester     2. Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger    3. Buku Induk Siswa
Support Aplikasi: Ms Office Excel Minimal 2007  install Standard.
Aplikasi Berformat *.EXE (Application)

Pemesanan Aplikasi:
Aplikasi ini tidak dipublikasi. Guru/Sekolah harus memesan langsung via email (purnawanto@gmail.com) atau SMS  WA 0822 9403 5365
Untuk Sekolah: Kirim Bukti Transfer Donasi Rp 250.000,- ; Nama Sekolah, mapel muatan lokal dan alamat email

Update Aplikasi: Bagi sekolah yang sudah menggunakan versi 07.2016 (permen 53/2015) dapat meng-update Aplikasi versi 01.2017 (permen 23/2016) dengan memberikan bukti transfer donasi se-ikhlasnya.

Sekolah akan mendapatkan Bonus: 4 file Aplikasi Supervisi Kepala Sekolah; 3 file Aplikasi AHUH-ABS; 3 file Aplikasi BK dan file PK Guru-Kepsek-Wakasek-Guru BK-Pustakawan dan Laboran.
Tampilan Aplikasi Raport dan lainnya

                                Aplikasi Raport Semester



                                 Aplikasi Raport UTS



                                 Aplikasi Rekap Kenaikan Kelas

                   Aplikasi Laporan Hasil Belajar TIM

Bonus Aplikasi lainnya:
            1.   Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH) + ABS

2.   Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Essay


3.   Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda


4.   Aplikasi Analisis Gaya Belajar Siswa


5.   Aplikasi Tes Kepribadian


6.   Aplikasi Tes Who I Am


7.   Aplikasi Supervisi Administrasi Perencanaan dan Penilaian Pembelajaran


8.   Aplikasi Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran Kur 2006/2013


9.   Aplikasi Supervisi Guru BK


10. Aplikasi Supervsi Pembinaan Kepala Sekolah


11. Aplikasi PK Guru, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dll
 
Baca Link Tautan Berikut:
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD) Tahun 2017
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP MTs Tahun 2017
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016 
- Aplikasi Penelusuran Gaya Belajar Siswa
- Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)
- Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda 
- Analisis Butir Soal (ABS) Uraian
- Apilkasi Penelusuran Minat Siswa SMP