Menu - Pages

Pages

KISAH KATAK KECIL

Pada suatu hari ada segerombol katak-katak kecil yang menggelar lomba lari. Tujuannya adalah mencapai puncak sebuah menara yang sangat tinggi.  Penonton berkumpul bersama mengelilingi menara untuk menyaksikan perlombaan dan memberi semangat kepada para peserta...   

Perlombaan dimulai...  Secara jujur tak satupun penonton benar2 percaya bahwa katak2 kecil akan bisa mencapai puncak menara. 
Terdengar suara:  "Oh, jalannya terlalu sulitttt!!  Mereka TIDAK AKAN PERNAH sampai ke puncak."  atau:  "Tidak ada kesempatan untuk berhasil...Menaranya terlalu tinggi...!! 
Katak2 kecil mulai berjatuhan. Satu persatu... ...  Kecuali mereka yang tetap semangat menaiki menara perlahan- lahan semakin tinggi...dan semakin tinggi.. 
Penonton terus bersorak "Terlalu sulit!!! Tak seorangpun akan berhasil!" Lebih banyak lagi katak kecil lelah dan menyerah... 
... Tapi ada SATU yang melanjutkan hingga semakin tinggi dan tinggi...  Dia tak akan menyerah! 
Akhirnya yang lain telah menyerah untuk menaiki menara. Kecuali satu katak kecil yang telah berusaha keras menjadi satu-satunya yang berhasil mencapai puncak! 
SEMUA katak kecil yang lain ingin tahu bagaimana katak ini bisa melakukannya? 
Seorang peserta bertanya bagaimana cara katak yang berhasil menemukan kekuatan untuk mencapai tujuan?   
Ternyata...  Katak yang menjadi pemenang itu TULI!!!! 
Pesan Moral:
Jangan pernah mendengar orang lain yang mempunyai kecenderungan negatif ataupun pesimis, karena mereka mengambil sebagian besar mimpimu dan menjauhkannya darimu. 
Selalu pikirkan kata2 bertuah yang ada.  Karena segala sesuatu yang kau dengar dan kau baca bisa mempengaruhi perilakumu! 
Karena itu: 
Tetaplah selalu.... 
POSITIVE! 
Dan yang terpenting: 
Berlakulah TULI jika orang berkata kepadamu bahwa KAMU tidak bisa menggapai cita-citamu! 
Selalu berpikirlah: 
"I can do it!
 
Semoga Bermanfaat.

Link Topik Lainnya:
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD)
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs/SMA-MA
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016 

- Aplikasi Penelusuran Gaya Belajar Siswa
- Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)
- Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda 
- Analisis Butir Soal (ABS) Uraian
- Apilkasi Penelusuran Minat Siswa SMP 
 

KISAH ANAK BUTA DAN SEORANG LELAKI

Pagi itu seorang anak buta duduk di depan sebuah gedung perkantoran dengan tangan memegang topi sambil menengadahkannya memohon belas kasihan. Di sebelah anak kecil tersebut terdapat sebuah papan dengan tulisan “Saya buta, tolonglah saya”. Dan terdapat beberapa buah koin rupiah yang berhasil dikumpulkannya.

Sesaat kemudian tampak seorang pria berjalan lewat di depan anak tersebut. Tiba-tiba dia berhenti dan merogoh sakunya serta mengambil satu lembar uang dan meletakkannya di dalam topi tersebut. Kemudian ia menambil papan tulisan tersebut, menghapusnya dan menuliskan sebuah kalimat lain. Lalu ia meletakkannya kembali di tempat semula di samping anak buta tersebut agar setiap orang yang melewati anak tersebut dapat melihat dan membaca tulisan tersebut dengan jelas.

Tak lama setelah itu, tampak topi yang dipegang anak buta tersebut mulai banyak terisi. Hampir setiap orang yang lewat berhenti dan memberi anak buta tersebut uang.

Saat sore tiba, lelaki yang merubah tulisan tersebut kembali melintas di depan anak tersebut. Si anak yang mengenal langkah kaki tersebut berusaha menghentikan dan bertanya, “Bukankan anda yang telah mengubah tulisan di papan ini tadi pagi? Apa yang anda tulis?”

Lelaki tersebut menjawab, “Saya menulis sebuah kenyataan, saya menulis apa yang kamu tulis tapi dengan cara berbeda.”

Lelaki tersebut menulis: “Hari ini sangat indah dan saya tidak bisa melihatnya.”

Apakah pembaca berpikir bahwa tidak ada bedanya tulisan pertama dengan tulisan pengganti tersebut?

Tentu, bahwa kedua tulisan menyebutkan bahwa si anak buta. Tapi tulisan pertama lugas menyebut si anak buta. Sedangkan tulisan kedua memberitahu orang-orang bahwa mereka sangat beruntung masih dapat melihat. Dan ternyata tulisan berbeda dan yang kedua tampak sangat efektif.

Dan Dia-lah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur (Kitab Suci)


Semoga Bermanfaat.

Link Topik Lainnya:
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD)
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs/SMA-MA
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016  



APLIKASI RAPORT KURIKULUM 2013 UNTUK SMK TAHUN 2016

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah SWT, Tuhan pemilik alam semesta. Berkah karunia dan bantuan dari Allah serta motivasi dari sahabat-sahabat Guru, Aplikasi Raport Kurikulum 2013 untuk SMK dapat diselesaikan. Aplikasi Raport ini memiliki output (hasil): 1). Buku Raport 2). DKN/Legger per kelas 3). DKN/Legger per siswa. Aplikasi ini berdasarkan Juknis Penilaian Kurikulum Tahun 2015 untuk SMK.
 

-Aplikasi didesain dengan Ms Office Excel 2010 berformat exe. 
 
Cara Pemesanan Aplikasi Raport SMA Tahun 2016

(1). Kirimkan Bukti Transfer Rp 250.000 (per jurusan) via sms 0822 9403 5365 or WA 0859 7731 1504) atau ke alamat email purnawanto@gmail.com. Tujuan Transfer BRI Cabang Tebing Tinggi No.Rek 0283-01-004084-53-3 atas nama Purnawanto.
(2). Kirimkan nama sekolah, struktur mata pelajaran, logo sekolah dan alamat email untuk pengiriman file aplikasi. 3). Sekolah akan mendapatkan  1). Aplikasi Raport Semester 2). Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Versi 01.2016  3). Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian 4). Aplikasi Analisis Butir Soal Uraian  5). Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda 
Contoh output raport dapat didownload sbb:
Contoh Halaman Raport (klik disini) dan DKN Raport (klik disini).
Pedoman Penilaian Baru Kurikulum 2013.
-Download Penilaian untuk SD Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMP Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMA Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMK Tahun 2015 (klik disini)




Link Topik Lainnya:
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD)
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs/SMA-MA
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016 

- Aplikasi Penelusuran Gaya Belajar Siswa
- Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)
- Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda 
- Analisis Butir Soal (ABS) Uraian
- Apilkasi Penelusuran Minat Siswa SMP 

PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 TAHUN 2015

Akhirnya Pemerintah mengeluarkan Panduan Penilaian Baru pada Desember 2015. Panduan ini dilatarbelakangi oleh:
1. Penilaian yang dilakukan pendidik tidak hanya penilaian atas pembelajaran (assessment oflearning), melainkan juga penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning).

2. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.

3. Penilaian menggunakan acuan kriteria, yaitu penilaian yang membandingkan capaian peserta didik dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. 

Kompetensi yang ditetapkan merupakan ketuntasan belajar minimal yang disebut juga dengan Kriteria KetuntasanMinimal (KKM).

4. KKM ditentukan oleh satuan pendidikan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran dan kondisi satuan pendidikan.


5. Penilaian dilakukan secara terencana dan berkelanjutan.


6. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut.

Pedoman Penilaian Baru Kurikulum 2013.
-Download Penilaian untuk SD Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMP Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMA Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMK Tahun 2015 (klik disini)


Baca Link Topik Lainnya:

- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD)
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs/SMA-MA
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016 

- Aplikasi Penelusuran Gaya Belajar Siswa
- Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)
- Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda 
- Analisis Butir Soal (ABS) Uraian
- Apilkasi Penelusuran Minat Siswa SMP 



APLIKASI RAPORT KURIKULUM 2013 UNTUK MA TAHUN 2016

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah SWT, Tuhan pemilik alam semesta. Berkah karunia dan bantuan dari Allah serta motivasi dari sahabat-sahabat Guru, Aplikasi Raport Kurikulum 2013 untuk MA dapat diselesaikan. Aplikasi Raport ini memiliki output (hasil): 1). Buku Raport 2). DKN/Legger per kelas 3). DKN/Legger per siswa. Aplikasi ini berdasarkan Juknis Penilaian Kurikulum Tahun 2015 untuk SMA.
 


- Aplikasi didesain dengan Ms Office Excel 2010 berformat exe.


Cara Pemesanan Aplikasi Raport MA Tahun 2016

(1). Kirimkan Bukti Transfer Rp 250.000 via sms (ke HP 0822 9403 5365 0r WA 085977311504) atau ke alamat email purnawanto@gmail.com. Tujuan Transfer BRI Cabang Tebing Tinggi No.Rek 0283-01-004084-53-3 atas nama Purnawanto.

(2). Kirimkan nama sekolah, struktur mata pelajaran, logo sekolah dan alamat email untuk pengiriman file aplikasi.  3). Sekolah akan mendapatkan  1). Aplikasi Raport Semester 2). Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Versi 01.2016 3). Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian 4). Aplikasi Analisis Butir Soal Uraian  5). Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda
Pedoman Penilaian Baru Kurikulum 2013.
-Download Penilaian untuk SD Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMP Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMA Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMK Tahun 2015 (klik disini)


Link Topik Lainnya:
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD)
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs/SMA-MA
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016 

- Aplikasi Penelusuran Gaya Belajar Siswa
- Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)
- Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda 
- Analisis Butir Soal (ABS) Uraian
- Apilkasi Penelusuran Minat Siswa SMP 
 


Terima kasih.

APLIKASI RAPORT KURIKULUM 2013 UNTUK SMA TAHUN 2016

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah SWT, Tuhan pemilik alam semesta. Berkah karunia dan bantuan dari Allah serta motivasi dari sahabat-sahabat Guru, Aplikasi Raport Kurikulum 2013 untuk SMA dapat diselesaikan. Aplikasi Raport ini memiliki output (hasil): 1). Buku Raport 2). DKN/Legger per kelas 3). DKN/Legger per siswa. Aplikasi ini berdasarkan Juknis Penilaian Kurikulum Tahun 2015 untuk SMA. 

Aplikasi didesain dengan Ms Office Excel 2010 berf0rmat .EXE
Cara Pemesanan Aplikasi Raport SMA Tahun 2016

(1). Kirimkan Bukti Transfer Rp 250.000 via sms (ke HP 0822 9403 5365 or WA 085977311504) atau ke alamat email purnawanto@gmail.com. Tujuan Transfer BRI Cabang Tebing Tinggi No.Rek 0283-01-004084-53-3 atas nama Purnawanto.

(2). Kirimkan nama sekolah, struktur mata pelajaran, logo sekolah dan alamat email untuk pengiriman file aplikasi. 
3). Sekolah akan mendapatkan  1). Aplikasi Raport Semester 2). Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Versi 01.2016 3). Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian 4). Aplikasi Analisis Butir Soal Uraian  5). Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Ganda.
Pedoman Penilaian Baru Kurikulum 2013.
-Download Penilaian untuk SD Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMP Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMA Tahun 2015 (klik disini)
-Download Penilaian untuk SMK Tahun 2015 (klik disini)


Link Topik Lainnya:
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD)
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs/SMA-MA
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016 

- Aplikasi Penelusuran Gaya Belajar Siswa
- Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)
- Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda 
- Analisis Butir Soal (ABS) Uraian
- Apilkasi Penelusuran Minat Siswa SMP 
 

Terima Kasih

APLIKASI NILAI RAPORT KURIKULUM 2013 UNTUK SD TAHUN 2017


Aplikasi ini diperuntukkan bagi guru Kelas dan Mata Pelajaran di Sekolah Dasar (Penjaskes, Pendidikan Agama dan Mapel Muatan Lokal). Aplikasi ini didasarkan pada Petunjuk/ Panduan Penilaian untuk SD Tahun 2016.

Deskrpsi Capaian Apalikasi mendeskripsikan capaian maksimum dan capaian minimum dari masing-masing KD sehingga hanya ada 2 KD yang dideskripsikan. Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 8 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 6 Kompetsni Dasar 3.  Jurnal KI-1 dan KI-2.

Contoh Deskripsi Aspek Pengetahuan:
Kompetensi pengetahuan baik. Sangat menguasai huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap. Cukup menguasai huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap.    

Contoh Deskripsi Aspek Ketrampilan:
Kompetensi ketrampilan cukup. Terampil melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya. Terampil melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.    

Contoh Deskripsi Aspek Sikap Spiritual:
Abdi Perkasa Daulay selalu ketaatan beribadah, baik dalam sikap mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan, baik dalam sikap berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, baik dalam sikap toleransi dalam beribadah                           

Contoh Deskripsi Aspek Sikap Sosial:  
Abdi Perkasa Daulay selalu ketaatan beribadah, baik dalam sikap mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan, baik dalam sikap berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, baik dalam sikap toleransi dalam beribadah                           
 Aplikasi Raport Kurikulu 2013 Untuk Sekolah Dasar
Output Raport:
1. Raport Semester    2. Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger     3. Buku Induk Siswa
 
Support Aplikasi dengan Ms Office Excel 2007 install Standard
Aplikasi berformat *.EXE (Application)

Contoh Deskripsi Capaian Aplikasi
Pemesanan Aplikasi: Untuk menghindari pihak lain memanfaatkan aplikasi untuk mengampil keuntungan, aplikasi ini tidak dipublikasi. Guru/Sekolah harus memesan langsung via email (purnawanto@gmail.com) atau SMS/WhatsApp 0822-9403-5365
Kirim Bukti Transfer Donasi Rp 250.000,- ; Nama Sekolah, Mapel Muatan Lokal dan alamat email.

Bonus Aplikasi lainnya:
            1.   Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH) + ABS
2.   Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Essay
3.   Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda
4.   Aplikasi Analisis Gaya Belajar Siswa
5.   Aplikasi Tes Kepribadian
6.   Aplikasi Tes Who I Am
7.   Aplikasi Supervisi Administrasi Perencanaan dan Penilaian Pembelajaran
8.   Aplikasi Supervisi Pelaksanaan Pembelajaran Kur 2006/2013
9.   Aplikasi Supervisi Guru BK
10. Aplikasi Supervsi Pembinaan Kepala Sekolah
11. Aplikasi PK Guru, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dll


Link Topik Lainnya:
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD)
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI)
- Aplikasi Nilai Kurikulum 2013 Baru Untuk SMP-MTs/SMA-MA
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMP Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MTs Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk MA Tahun 2016
- Aplikasi Nilai dan Raport Kurikulum 2013 Untuk SMK Tahun 2016 

- Aplikasi Penelusuran Gaya Belajar Siswa
- Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian (AHUH)
- Aplikasi Analisis Butir Soal (ABS) Pilihan Ganda 
- Analisis Butir Soal (ABS) Uraian
- Apilkasi Penelusuran Minat Siswa SMP 



Terima Kasih. 

APLIKASI PENELUSURAN GAYA BELAJAR SISWA





Salah satu tuntutan kompetensi guru adalah memahami gaya belajar peserta didiknya. Guru mempunyai kewajiban memahami berbagai ragam gaya belajar siswa, agar dapat menyesuaikan gaya mengajarnya. 


Kita tidak bisa memaksakan seorang anak harus belajar dengan suasanan dan cara yang kita inginkan karena masing masing anak memiliki tipe atau gaya belajar sendiri-sendiri. Kemampuan anak dalam menangkap materi dan pelajaran tergantung dari gaya belajarnya.
Banyak anak menurun prestasi belajarnya disekolah karena dirumah anak dipaksa belajar tidak sesuai dengan gayanya. Anak akan mudah menguasai materi pelajaran dengan menggunakan cara belajar mereka masing-masing.

Ada 3 Tipe Gaya Belajar:
1. VISUAL (Visual Learners)
Gaya Belajar Visual (Visual Learners) menitikberatkan pada ketajaman penglihatan. Artinya, bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham Gaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu buktinya untuk kemudian bisa mempercayainya. Ada beberapa karakteristik yang khas bagai orang-orang yang menyukai gaya belajar visual ini. Pertama adalah kebutuhan melihat sesuatu (informasi/pelajaran) secara visual untuk mengetahuinya atau memahaminya, kedua memiliki kepekaan yang kuat terhadap warna, ketiga memiliki pemahaman yang cukup terhadap masalah artistik, keempat memiliki kesulitan dalam berdialog secara langsung, kelima terlalu reaktif terhadap suara, keenam sulit mengikuti anjuran secara lisan, ketujuh seringkali salah menginterpretasikan kata atau ucapan.

2. AUDITORI (Auditory Learners)
Gaya belajar Auditori (Auditory Learners) mengandalkan pada pendengaran untuk bisa memahami dan mengingatnya. Karakteristik model belajar seperti ini benar-benar menempatkan pendengaran sebagai alat utama menyerap informasi atau pengetahuan. Artinya, kita harus mendengar, baru kemudian kita bisa mengingat dan memahami informasi itu. Karakter pertama orang yang memiliki gaya belajar ini adalah semua informasi hanya bisa diserap melalui pendengaran, kedua memiliki kesulitan untuk menyerap informasi dalam bentuk tulisan secara langsung, ketiga memiliki kesulitan menulis ataupun membaca

3. KINESTETIK (Kinesthetic Learners)
Gaya belajar Kinestetik (Kinesthetic Learners) mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar ia bisa mengingatnya. Tentu saja ada beberapa karakteristik model belajar seperti ini yang tak semua orang bisa melakukannya. Karakter pertama adalah menempatkan tangan sebagai alat penerima informasi utama agar bisa terus mengingatnya. Hanya dengan memegangnya saja, seseorang yang memiliki gaya  ini bisa menyerap informasi tanpa harus membaca penjelasannya.

Link Download:
1. Cara Setting Macro (klik disini)
2. Kuosiner Gaya Belajar Siswa (klik disini)
3. Output/Printout Gaya Belajar Siswa (klik disini)
4. Aplikasi Gaya Belajar untuk Individu Siswa (klik disini)
5. Aplikasi Gaya Belajar Siswa untuk 1 Rombel (klik disini)

Semoga bermanfaat.