Latar Belakang
Dalam melaksanakan tugas Pembimbingan dan Pelatihan Bagi Guru Mata Pelajaran, Guru Sekolah Binaan, Kelompok KKG/MGMP dan Kepala Sekolah serta Kelompok KKKS/MKKS, Pengawas Sekolah selalu mengalami kendala di waktu pelaksanaan dan lainnya. Sehingga Pengawas Sekolah sulit mendapatkan bukti fisik dokumen cetak kinerja pelaksanaan pembimbingan.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pengawas Sekolah dapat memanfaatkan fasilitas google seperti Google Drive, Google Formulir, Google Spreadsheet, Google Dokumen dan Add-on Google lainnya secara mudah, praktis dan efisien.
Langkah-Langkah Pengerjaan.
1. Siapkan Google Formulir Bimbingan
Langkah pertama adalah menyiapkan materi bimbingan dalam Google Formulir, seperti contoh berikut:
selengkapnya dapat dilihat pada tautan berikut
2. Buat Spreadsheet output Google Formulir Bimbingan
Buka Google Formulir Bimbingan, lalu coba isi formulir hingga selesai untuk mendapatkan 1 respon jawaban, lalu buat Spreadsheetnya.
3. Buat Google Dokumen Cetak Bukti Bimbingan
Selanjutnya buat dalam format Ms Word bukti bimbingan sedemikian rupa sesuai kebutuhan, lalu upload ke google drive, kemudian simpan ke google dokumen seperti berikut:
4. Install Add-on Google Spreadsheet AutoCrat
Buka Spreadsheet output Google Formulir Bimbingan, lalu Install Add-On AutoCrat hingga selesai.
5. Lakukan Sinkronisasi Google Spreadsheet ke Google Dokumen dengan AutoCrat
Lakukan sinkronisasi secara lengkap dengan output file pdf yang dikirim langsung ke email guru binaan. Setelah proses pada add-on AutoCrat diperoleh output sbb:
Semoga Bermanfaat
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Modul Ringkasan Materi Program Sekolah Penggerak, April 2021 dengan output sbb:
- Raport Semester Ganjil dan Genap
- DKN Semester Ganjil dan Genap
- Ranking
- Manajerial;
- Pengembangan Kewirausahaan; dan
- Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)
Bacaan Lainnya
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019
Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal. Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data Siswa; (2). Data Sekolah; (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal; (2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi; (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi:
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi
Selanjutnya Baca disini
Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD
(PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
Semoga Bermanfaat.