Merdeka belajar Abad 21
Merdeka Belajar merupakan filsafat awal pendiri bangsa Indonesia Presiden Soekarno dan pendiri sistem pendidikan Ki Hajar Dewantara yang menentukan visi SDM Indonesia Seperti apa. Merdeka belajar adalah untuk memastikan bahwa institusi individu, guru, murid memerdekakan institusinya maupun pemikiran mereka terhadap berbagai macam kehidupan nasional.
Dengan demikian, bagaimana mempraktekkan Merdeka Belajar di lingkungan yang minat belajarnya masih kurang? Inilah tantangan bagi seorang pendidik. Membuka pola pikir peserta didik agar lebih bersifat kritis dan kreatif. Membangunkan mereka dari zona nyaman. Mencoba menjadi fasilitator yang mampu menumbuhkan semangat bagi peserta didik. Namun terkadang peran pendidik yang berubah hanya menjadi seorang fasilitator menjadikan miskonsepsi bagi khalayak masyarakat. Padahal seorang pendidik pada abad ke- 21 sangat berat tantangannya. Pendidik harus melek teknologi kekinian, pun harus mampu menjadi model panutan bagi anak didiknya.
Berusaha memahami keunikan dan bakat siswa adalah salah satu usaha seorang pendidik untuk menentukan metode stimulus memerdekakan para siswa didiknya dalam belajar. Tak menjadi tolak ukur nilai raport maupun ranking untuk sebuah kesuksesan masa depan. Seorang pendidik harus berusaha menjadikan anak didiknya seorang individu yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan dan berkompetensi.
ššš¦ššš„šš£šš«šš§ šš„š šššš š¤š- šš šš¢š¬š šš¢š£ššš¢š¤šš§ š°šššš” ššš š¢ š©šš§šš¢šš¢š¤ š®š§šš®š¤ š¦šš§šš«šš©š¤šš§ š¦šš«ššš¤š ššš„šš£šš«. šš¢ š¦šš§š ššš ššš”šš© š„š¢ššš«šš¬š¢ š²šš§š šš¢š¬š š¦šš§š¬šš¢š¦š®š„š®š¬ š©šš¬šš«šš šš¢šš¢š¤ šš šš« š„ššš¢š” š¤š«š¢šš¢š¬. ššš¦š®šš¢šš§ ššš”šš©šš§ ššš«š¢š¤š®šš§š²š šššš„šš” šš«š¢šš¢ššš„ šš”š¢š§š¤š¢š§š , šš¢ š¦šš§š ššš„šš£šš« š®š§šš®š¤ š¦šš¦š©š® š¦šš¦šššš”š¤šš§ š¬ššš®šš” š¦šš¬šš„šš”. ššš¬šš«šš šš¢šš¢š¤ š£š®š š šš¢šš¢š¦šš¢š§š šš šš« š¦šš¦š©š® ššš«š¤šØš„šššØš«šš¬š¢ ššš¢š¤ ššš„šš¦ š„š¢š§š š¤š®š© š¤ššš¢š„ šššš®š©š®š§ ššš¬šš«. ššš¤ š¤šš„šš” š©šš§šš¢š§š š£š®š š šššš„šš” ššš”šš© š©šš¬šš«šš šš¢šš¢š¤ š¦šš¦š©š® ššš«š¤šØš¦š®š§š¢š¤šš¬š¢ ššš§š šš§ š„šš§ššš« š¬šš«šš š¤š«šššš¢š ššš„šš¦ š¦šš§š²šš£š¢š¤šš§ š”šš¬š¢š„ š¤šš«š²šš§š²š. ššš¬šš«šš šš¢šš¢š¤ š£š®š š šš¢š¬š¢š¬š¢š©š¢ š¢š„š¦š® š«šØš”šš§š¢ šš šš« š¦šš§š£ššš¢ š¦šš§š®š¬š¢š š²šš§š ššš«š¢š¦šš§ ššš§ ššš«ššš¤š°š š¤šš©ššš šš®š”šš§ ššš§š ššš”š šš¬š, ššš«šš¤š”š„šš¤ š¦š®š„š¢š. šš¢š¤š šš¢š¬š¢š¦š©š®š„š¤šš§, š¦šš¤š š¤šØš¦š©šššš§š¬š¢-š¤šØš¦š©šššš§š¬š¢ ššš«š¬ššš®š šš¤šš§ š¬šš§š šš ššš¬šš« š©šš§š šš«š®š”š§š²š šš¢ š¤šš”š¢šš®š©šš§ š¦šš¬š ššš©šš§.
Abad ke-21 telah memberi arah kemajuan teknologi dan informasi yang berkembang sangat pesat, dan menuntut dunia pendidikan untuk melakukan perubahan.
Hal ini juga membawa konten abad ke-21 mencakup keterampilan belajar dan berpikir kritis, penguasaan berbagai literasi, terutama literasi TIK dan keterampilan hidup. Dunia pendidikan harus selalu up to date, selalu aktif mengikuti kemajuan yang berkembang. Demikian juga pembelajaran yang dilakukan oleh guru diharapkan dapat mengikuti trend.
Harapannya apa yang disampaikan dapat memberi dampak yang berarti bagi kehidupan siswa.
Guru dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, agar dapat memberi kemanfaatan pada siswanya. Partnership for 21 Century Skills mengidentifikasi keterampilan abad ke-21 meliputi: (1) communication, (2) collaboration, (3) critical thinking and problem solving, dan (4) creativity and innovation. Empat keterampilan abad ke-21 tersebut sering diistilahkan dengan keterampilan 4Cās.
Peserta didik diharapkan memiliki pemahaman dan keterampilan 4Cās, dengan harapan memiliki kesiapan untuk menghadapi dunia yang makin kompleks dan penuh tantangan pada masa depan.
Guru dituntut memiliki keterampilan pembelajaran abad ke-21, agar dapat mentransfer 4Cs yang telah dikuasi kepada para siswa secara tepat dan bermakna.
- Raport semester Ganjil dan Genap
- Ranking semester Ganjil dan Genap
- Daftar Kumpulan Nilai (DKN) semester Ganjil dan Genap
- Buku Induk
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Panduan Raport Projek Profil Pancasila. Mudan dan praktis. . Selanjutnya (baca....)
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Modul Ringkasan Materi Program Sekolah Penggerak, April 2021 dengan output sbb:
- Raport Semester Ganjil dan Genap
- DKN Semester Ganjil dan Genap
- Ranking
- Manajerial;
- Pengembangan Kewirausahaan; dan
- Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)
Bacaan Lainnya
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019 Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal. Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data Siswa; (2). Data Sekolah; (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal; (2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi; (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi:
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi
Selanjutnya Baca disini
Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD
(PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
No comments:
Post a Comment
Mohon Saran dan Kritik untuk Pengembangan Blog lebih baik.