Ditetapkan oleh pemerintah, merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.
Menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik pemetaan capaian pembelajaran dibagi dalam fase usia.
โCapaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.โ
(Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran)
Pemerintah hanya menetapkan tujuan akhir per fase (CP) dan waktu tempuhnya (fase). Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan strategi dan cara atau jalur untuk mencapainya. Agar bisa menentukan strategi yang sesuai, kita perlu tau titik awal keberangkatan para peserta didik.
๐๐ฉ๐ ๐๐๐ ๐ฎ๐ง๐๐๐ง ๐๐๐ฉ๐๐ข๐๐ง ๐๐๐ฆ๐๐๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐๐ง?
Apakag kegunaan capaian pembelajaran? Capaian Pembelajaran diharapkan dapat membantu Orangtua dan Guru dalam menjawab pertanyaan berikut ini:
- Kompetensi apa yang perlu dikuasai anak saya yang berusia 15 tahun?
- Apa saja kompetensi minimal yang perlu dicapai siswa saya? serta bagaimana mengidentifikasi kesiapan awal siswa dan mengidentifikasi kemajuan perkembangan kompetensi mereka?
๐๐๐ฉ๐๐ข๐๐ง ๐๐๐ฆ๐๐๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐๐ง ๐๐ข๐๐ฎ๐๐ญ ๐๐๐ฅ๐๐ฆ ๐ฉ๐๐ซ๐๐ ๐ซ๐๐ ๐๐๐ง ๐๐๐ฅ๐๐ฆ ๐๐๐ฌ๐, ๐๐ฎ๐ค๐๐ง ๐ญ๐๐ก๐ฎ๐ง.
- Dalam format paragraf, bukan poin-poin
Bagaimanakah cara membuat capaian pembelajaran? Capaian pembelajaran dirumuskan sebagai gambaran kompetensi utuh sehingga mudah dipahami guru sebagai satu kesatuan.
Capaian pembelajaran ditulis dalam paragraf yang merangkai pengetahuan, keterampilan, dan sikap terhadap ilmu pengetahuan yang dipelajari
- ๐๐๐ฅ๐๐ฆ ๐๐๐ฌ๐, ๐๐ฎ๐ค๐๐ง ๐ญ๐๐ก๐ฎ๐ง
Capaian pembelajaran disusun per fase (2-3 tahun) untuk memberikan kesempatan belajar yang lebih fleksibel dan mendalam.
- Fase Fondasi Prasekolah Taman Kanak-Kanak
- Fase A Kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah
- Fase B Kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah
- Fase C Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah
- Fase D Kelas 7 โ 9 SMP atau MT
- Fase E Kelas 10 SMA, SMK atau MA
- Fase F Kelas 11 โ 12 SMA, SMK atau MA
- Mencakup landasan mata pelajaran umum yang bertujuan untuk memperkuat dasar yang didapatkan di SMP.
- Menyampaikan mata pelajaran dasar-dasar program keahlian yang menekankan pada softskill.
- Memberikan pemahaman yang holistik tentang karir, tantangan, serta peluang yang dapat muncul di masa depan terkait dengan program keahlian yang dipilihnya.
- Memuat dasar-dasar keterampilan teknis yang mendukung siswa saat mereka mengambil konsentrasi pada fase F nanti.
Komponen Capaian Pembelajaran:
๐. ๐๐๐ฌ๐ข๐จ๐ง๐๐ฅ ๐๐๐ฉ๐๐ฅ (๐๐๐ญ๐ ๐๐๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐๐ง)
Komponen pertama dari capaian pembelajaran yaitu Rasional Mapel yang berisi rasionalisasi terkait pentingnya mempelajari mata pelajaran tertentu dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
๐. ๐๐ฎ๐ฃ๐ฎ๐๐ง ๐๐๐ญ๐ ๐๐๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐๐ง
Komponen kedua yaitu Tujuan Mapel. Ini merupakan komponen yang mendeskripsikan berbagai kemampuan/ kompetensi yang perlu dicapai siswa atau murid apabila mereka telah mempelajari mapel tertentu yang dimaksud.
๐. ๐๐๐ซ๐๐ค๐ญ๐๐ซ๐ข๐ฌ๐ญ๐ข๐ค ๐๐๐ญ๐ ๐๐๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐๐ง
Komponen ketiga yaitu Karakteristik mata pelajaran. Ini adalah komponen yang memuat penjelasan umum mengenai hal-hal yang dipelajari pada suatu mata pelajaran, elemen-elemen (unsur-unsur yang membangun keutuhan kompetensi yang diharapkan dari mata pelajaran), dan deskripsi untuk setiap elemen.
๐. ๐๐๐ฉ๐๐ข๐๐ง ๐๐๐ฆ๐๐๐ฅ๐๐ฃ๐๐ซ๐๐ง ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฌ๐๐ญ๐ข๐๐ฉ ๐ ๐๐ฌ๐ ๐๐๐ซ๐ค๐๐ฆ๐๐๐ง๐ ๐๐ง ๐๐๐ฆ๐๐ฆ๐ฉ๐ฎ๐๐ง ๐๐ฎ๐ซ๐ข๐
Komponen keempat ini mendeskripsikan cakupan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi secara umum. Capaian pembelajaran per-Fase ini dikelompokkan berdasarkan elemen yang sesuai menurut perkembangan kemampuan murid.
Fase dalam capaian pembelajaran dibedakan menjadi enam fase (secara berurutan dari Fase A hingga Fase F). Berikut ini merupakan pengelompokan fase kemampuan dari A sampai dengan F ke dalam kelas dan jenjang pendidikan.
๐ ๐๐ฌ๐ ๐ค๐๐ฆ๐๐ฆ๐ฉ๐ฎ๐๐ง ๐ฆ๐ฎ๐ซ๐ข๐ ๐๐๐ง ๐ค๐๐ข๐ญ๐๐ง๐ง๐ฒ๐ ๐๐๐ง๐ ๐๐ง ๐ค๐๐ฅ๐๐ฌ ๐๐๐ง ๐ฃ๐๐ง๐ฃ๐๐ง๐ ๐ฉ๐๐ง๐๐ข๐๐ข๐ค๐๐ง:
- Fase A : Kelas 1 dan 2 SD
- Fase B : Kelas 3 dan 4 SD
- Fase C : Kelas 5 dan 6 SD
- Fase D : Kelas 7, 8, dan 9 SMP
- Fase E : Kelas 10 SMA
- Fase F : Kelas 11 dan 12 SMA.
- Pengembangan Capaian Pembelajaran jelas mendefinisikan hasil yang harus dicapai siswa pada akhir program pembelajaran
- Desain kurikulum, strategi belajar, dan kesempatan belajar dilakukan untuk menjamin tercapainya Capaian Pembelajaran
- Proses penilaian disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran dan penilaian setiap individu siswa dilakukan untuk memastikan bahwa siswa mencapai target pembelajaran.
- Setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang unik dan dipengaruhi oleh latar belakang peserta didik, guru, dan warga sekolah lainnya.
- Proses belajar harus didasari oleh kebutuhan peserta didik.
- Satuan pendidikan diberikan kebebasan untuk menyesuaikan Capaian Pembelajaran.
- Capaian Pembelajaran dikupas dan dituangkan dalam alur dan tujuan pembelajaran.
Perumusan tujuan pembelajaran merupakan salah satu elemen dalam program pelatihan. Tujuan pembelajaran sebuah program pelatihan akan mempengaruhi materi, media pembelajaran, metode pembelajaran dan juga evaluasi. Tujuan pembelajaran juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaannya. Layaknya setiap orang tidak dapat menjadi ahli dalam semua bidang, begitupun dengan merumuskan tujuan pembelajaran. Tidak semua tujuan pembelajaran harus mencapai tingkatan tertinggi. Untuk membantu merumuskannya, salah satu model yang dapat digunakan dalam hal ini adalah taksonomi bloom.
Taksonomi bloom adalah struktur hierarki yang mengidentifikasi keterampilan berpikir mulai dari jenjang yang rendah hingga jenjang yang tinggi. Taksonomi Bloom pertama kali diterbitkan pada tahun 1956 oleh seorang psikolog pendidikan yaitu Benjamin Bloom. Kemudian pada tahun 2021 direvisi oleh Krathwohl dan para ahli aliran kognitivisme. Hasil revisi ini yang kita kenal dengan nama Revisi Taksonomi Bloom. Revisi yang dibuat hanya pada ranah kognitif dengan menggunakan kara kerja.
Taksonomi Bloom dibagi menjadi tiga ranah, yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik. Tiga domain tersebut penting dalam pembelajaran. Namun, domain kognitiif seperti pada penjelasan di atas lebih banyak digunakan.
๐๐๐ค๐ฌ๐จ๐ง๐จ๐ฆ๐ข ๐๐ฅ๐จ๐จ๐ฆ ๐ฏ๐๐ซ๐ฌ๐ข ๐ซ๐๐ฏ๐ข๐ฌ๐ข, ๐ฃ๐๐ง๐ข๐ฌ ๐ฉ๐๐ง๐ ๐๐ญ๐๐ก๐ฎ๐๐ง ๐๐ข๐๐๐ ๐ข ๐ฆ๐๐ง๐ฃ๐๐๐ข ๐ (๐๐ฆ๐ฉ๐๐ญ) ๐ฒ๐๐ข๐ญ๐ฎ:
- Fakta: Informasi yang menunjukkan fenomena dalam pembelajaran
- Konseptual: termasuk kategori, struktur, dan teori
- Prosedur: bagaimana menggunakan teknik dan metode yang spesifik, dan waktu penggunaannya
- Metakognitif: strategi keputusan, pengetahuan-diri, dan โthinking about thinkingโ
๐๐๐ง๐ ๐ข๐ง๐ ๐๐ญ: pembelajaran yang paling mendasar (meskipun dapat melibatkan informasi yang kompleks). Pada tingkat ini, peserta didik mungkin mengetahui terminology kunci untuk subjek tertentu, fakta dan angka yang relevan, sistem atau teori yang telah dikembangkan orang lain.
๐๐๐ฆ๐๐ก๐๐ฆ๐ข: orang tahu lebih banyak tentang apa sebenarnya arti dari informasi itu.
๐๐๐ง๐๐ซ๐๐ฉ๐ค๐๐ง: pada tingkatan ini, pengetahuan digunakan dengan cara baru dan diterapkan untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks.
๐๐๐ง๐ ๐๐ง๐๐ฅ๐ข๐ฌ๐ข๐ฌ: melibatkan pemecahan informasi menjadi beberapa bagian untuk memeriksa secara individual dan untuk melihat bagaimana informasi tersebut berhubungan satu dengan lain.
๐๐๐ง๐ ๐๐ฏ๐๐ฅ๐ฎ๐๐ฌ๐ข: orang membuat penilaian tentang apa yang telah mereka temukan sejauh ini. Pada tingkatan ini memungkinkan mereka untuk membuat rekomendasi atau menyarankan ide-ide inovatif.
๐๐๐ฆ๐๐ฎ๐๐ญ: pada tingkat akhir ini, orang dapat mengatur ulang informasi yang dimiliki kemudian menggabungkan dengan informasi yang didapatkan kemudian menciptakan sesuatu yang baru.
Pengajar atau penyusun program pelatihan dapat menggunakan kata kerja operasional dari Taksonomi Bloom ini untuk merumuskan tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran
- Raport semester Ganjil dan Genap
- Ranking semester Ganjil dan Genap
- Daftar Kumpulan Nilai (DKN) semester Ganjil dan Genap
- Buku Induk
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Panduan Raport Projek Profil Pancasila. Mudan dan praktis. . Selanjutnya (baca....)
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Modul Ringkasan Materi Program Sekolah Penggerak, April 2021 dengan output sbb:
- Raport Semester Ganjil dan Genap
- DKN Semester Ganjil dan Genap
- Ranking
- Manajerial;
- Pengembangan Kewirausahaan; dan
- Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)
Bacaan Lainnya
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019 Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal. Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data Siswa; (2). Data Sekolah; (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal; (2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi; (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi:
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi
Selanjutnya Baca disini
Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD
(PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
No comments:
Post a Comment
Mohon Saran dan Kritik untuk Pengembangan Blog lebih baik.