Peningkatan kompetensi numerasi atau kemampuan berhitung pada peserta didik dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan yang dapat merangsang pemahaman konsep matematika dan meningkatkan keterampilan berhitung mereka.
Buat papan permainan matematika dengan berbagai soal dan tantangan untuk meningkatkan keterampilan berhitung.
Selenggarakan proyek-proyek matematika yang melibatkan riset, analisis data, dan presentasi hasil.
Adakan turnamen matematika di antara kelompok atau kelas untuk merangsang semangat kompetisi dan belajar.
Gunakan studi kasus untuk memahamkan konsep matematika dalam konteks kehidupan nyata.
Ajak peserta didik untuk melakukan eksplorasi geometri dengan menggunakan manipulatif atau aplikasi digital.
Gunakan musik untuk mengajarkan konsep matematika, seperti melibatkan irama dalam pembelajaran hitungan.
Rencanakan kunjungan ke tempat-tempat yang melibatkan penggunaan matematika, seperti ke toko kelontong untuk belanja dan menghitung harga.
Berikan tantangan puzel matematika yang mendorong pemecahan masalah dan logika.
Manfaatkan aplikasi matematika interaktif untuk melibatkan peserta didik dalam belajar mandiri.
Ajarkan keterampilan analisis data dengan menyelidiki data dunia nyata dan menyajikannya dalam bentuk grafik atau tabel.
Ajak peserta didik untuk membuat model matematika yang merepresentasikan konsep tertentu.
Selenggarakan olimpiade matematika sekolah untuk memotivasi peserta didik dan mengidentifikasi bakat matematika.
Gunakan peran-peran dalam kegiatan matematika, seperti berperan sebagai pedagang dalam simulasi transaksi jual beli.
Integrasikan pembelajaran berbasis game matematika yang mendidik dan menyenangkan.
Selenggarakan kompetisi desain grafik yang melibatkan penggunaan konsep matematika, seperti simetri atau pola.
Berikan tugas rumah kolaboratif yang mendorong peserta didik untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah matematika.
Selenggarakan workshop matematika untuk orang tua guna meningkatkan pemahaman mereka dan mendukung pembelajaran di rumah.
Buat sirkuit matematika dengan stasiun-stasiun berbeda yang melibatkan kegiatan berhitung.
Gunakan cerita atau narasi untuk menjelaskan konsep matematika dan memahamkan peserta didik.
Berikan peserta didik tantangan pemecahan masalah harian yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.
Dengan menyediakan berbagai kegiatan yang menarik dan relevan, dapat membantu peserta didik mengembangkan kompetensi numerasi mereka dengan cara yang lebih efektif dan menyenangkan.
Kombinasi variasi kegiatan tersebut dapat membantu menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif dalam meningkatkan kompetensi numerasi peserta didik.
Semoga Bermanfaat.
Bacaan Lainnya:
- Raport semester Ganjil dan Genap
- Ranking semester Ganjil dan Genap
- Daftar Kumpulan Nilai (DKN) semester Ganjil dan Genap
- Buku Induk
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Panduan Raport Projek Profil Pancasila. Mudan dan praktis. . Selanjutnya (baca....)
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Modul Ringkasan Materi Program Sekolah Penggerak, April 2021 dengan output sbb:
- Raport Semester Ganjil dan Genap
- DKN Semester Ganjil dan Genap
- Ranking
- Manajerial;
- Pengembangan Kewirausahaan; dan
- Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)
Bacaan Lainnya
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019
Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal. Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data Siswa; (2). Data Sekolah; (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal; (2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi; (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi:
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi
Selanjutnya Baca disini
Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD
(PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
No comments:
Post a Comment
Mohon Saran dan Kritik untuk Pengembangan Blog lebih baik.