Asesmen Sumatif Kurikulum Merdeka adalah sebuah proses pengukuran dan penilaian yang dilakukan di akhir suatu periode pembelajaran untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa secara keseluruhan. Asesmen ini berbeda dengan asesmen formatif yang dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran berlangsung untuk memantau kemajuan belajar siswa.
Tujuan utama Asesmen Sumatif Kurikulum Merdeka:
- Mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran yang telah diajarkan.
- Menentukan nilai akhir siswa untuk suatu periode pembelajaran.
- Memberikan informasi kepada guru dan siswa tentang efektivitas pembelajaran yang telah dilakukan.
- Membantu guru dalam membuat keputusan tentang pembelajaran selanjutnya.
- Dilakukan di akhir suatu periode pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir tahun ajaran.
- Mengukur pencapaian hasil belajar siswa secara keseluruhan, bukan hanya sebatas hafalan.
- Melibatkan berbagai instrumen, seperti tes tertulis, tes lisan, portofolio, dan proyek.
- Dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip asesmen yang baik, seperti validitas, reliabilitas, dan objektivitas.
Contoh Asesmen Sumatif Kurikulum Merdeka:
- Tes tertulis: Tes pilihan ganda, uraian, atau essay untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.
- Tes lisan: Presentasi, tanya jawab, atau diskusi untuk mengukur kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan menjelaskan pemahamannya terhadap materi pembelajaran.
- Portofolio: Kumpulan karya siswa yang menunjukkan perkembangan belajar mereka selama periode pembelajaran.
- Proyek: Pengerjaan tugas akhir yang menunjukkan kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam menyelesaikan masalah.
- Memberikan informasi yang valuable tentang pencapaian hasil belajar siswa.
- Membantu guru dalam membuat keputusan tentang pembelajaran selanjutnya.
- Memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar lebih giat.
- Memberikan informasi kepada orang tua tentang kemajuan belajar anak mereka.
- Asesmen sumatif dapat dilakukan dalam bentuk proyek akhir yang dikerjakan oleh siswa secara individu atau kelompok. Proyek ini dapat berupa pembuatan karya seni, penelitian, atau kegiatan lain yang menunjukkan kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilannya.
- Asesmen sumatif juga dapat dilakukan dalam bentuk pertunjukan atau pameran. Dalam pertunjukan, siswa dapat menunjukkan kemampuannya dalam bermusik, menari, atau drama. Dalam pameran, siswa dapat menunjukkan hasil karyanya, seperti lukisan, karya tulis, atau karya seni lainnya.
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kenali-5-prinsip-asesmen-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka/
http://repository.unika.ac.id/13294/5/12.60.0248%20Christina%20Thiveny%20Putrianti%20BAB%20IV.pdf
Aplikasi Telaah Perangkat Ajar
Aplikasi ini didesain untuk menyahuti salah satu pilihan dari 18 pilihan Rencana Hasil Kerja (RHK) Perdirjen GTK/Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023, yaitu Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penelaah perangkat ajar yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain sebanyak 10 Perangkat Ajar setara 6 poin dengan bukti dukung Laporan.
Aplikasi ini dirancang online dengan kuosioner google formulir dan hasilnya (outputnya) di oleh online berformat pdf.
Baca selanjutnya ....(baca)
Aplikasi Partisipan Observasi Praktik Pembelajaran
Aplikasi ini didesain untuk menyahuti salah satu pilihan dari 18 pilihan Rencana Hasil Kerja (RHK) Perdirjen GTK/Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023, yaitu Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat dengan catatan 1 observasi sebagai pelaku dan pengamat secara bergantian setara 8 poin dengan bukti dukung Laporan.
Aplikasi ini dirancang online dengan kuosioner google formulir dan hasilnya (outputnya) di oleh online berformat pdf.
Menunya sesuai panduan sbb:
1. Persiapan Observasi Praktik Pembelajaran
2. Pelaksanaan Observasi Praktik Pembelajaran
3. Diskusi Tindak Lanjut Pasca Observasi
- Pelaksanaan observasi kinerja dalam menjalankan tugas Guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf a terdiri atas:
- peningkatan praktik manajemen kelas yang berfokus pada keteraturan suasana kelas;
- peningkatan praktik manajemen kelas yang berfokus pada penerapan disiplin positif;
- peningkatan praktik dukungan psikologis yang berfokus pada ekspektasi peserta didik;
- peningkatan praktik dukungan psikologis yang berfokus pada perhatian dan kepedulian;
- peningkatan praktik dukungan psikologis yang berfokus pada umpan balik konstruktif;
- peningkatan praktik aktivasi kognitif yang berfokus pada instruksi yang adaptif;
- peningkatan praktik aktivasi kognitif yang berfokus pada instruksi pembelajaran; atau
- peningkatan praktik aktivasi kognitif yang berfokus pada aktivitas interaktif.
- Raport semester Ganjil dan Genap
- Ranking semester Ganjil dan Genap
- Daftar Kumpulan Nilai (DKN) semester Ganjil dan Genap
- Buku Induk
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Panduan Raport Projek Profil Pancasila. Mudan dan praktis. . Selanjutnya (baca....)
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Modul Ringkasan Materi Program Sekolah Penggerak, April 2021 dengan output sbb:
- Raport Semester Ganjil dan Genap
- DKN Semester Ganjil dan Genap
- Ranking
- Manajerial;
- Pengembangan Kewirausahaan; dan
- Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)
Bacaan Lainnya
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019
Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal. Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data Siswa; (2). Data Sekolah; (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal; (2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi; (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi:
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi
Selanjutnya Baca disini
Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD
(PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
No comments:
Post a Comment
Mohon Saran dan Kritik untuk Pengembangan Blog lebih baik.