- menganalisis struktur dan alur pengetahuan untuk pembelajaran;
- menjabarkan tahap penguasaan kompetensi murid; dan
- menetapkan tujuan belajar sesuai dengan karakteristik murid, kurikulum, dan profil pelajar Pancasila.
- mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman;
- menyusun desain, melaksanakan, dan merefleksikan pembelajaran yang efektif;
- melakukan asesmen, memberi umpan balik, dan menyampaikan laporan belajar; dan
- mengikutsertakan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pembelajaran.
- menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri;
- menunjukkan kematangan spiritual, moral, dan emosi, untuk berperilaku sesuai kode etik guru;
- menunjukkan praktik dan kebiasaan bekerja yang berorientasi pada anak;
- melakukan pengembangan potensi secara gotong royong untuk menumbuhkan perilaku kerja; dan
- berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier.
1. Kompetensi Menganalisis struktur dan alur pengetahuan untuk pembelajaran
Indikator Kompetensi:
- Menjelaskan konsep, materi, dan struktur dari suatu disiplin ilmu yang relevan
- Menganalisis prasyarat untuk menguasai konsep dari suatu disiplin ilmu
- Menjelaskan keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain
- Mengevaluasi konsep, struktur, dan materi pada kurikulum
Indikator Kompetensi:
- Menjelaskan proses belajar yang dialami murid
- Menjelaskan kebutuhan murid termasuk murid berkebutuhan khusus
- Mengidentifikasi tahap perkembangan dan latar belakang murid
- Menjabarkan tahap penguasaan kompetensi dari disiplin tertentu
Indikator Kompetensi:
- Menganalisis perkembangan murid, kurikulum, dan profil pelajar Pancasila
- Menetapkan urutan hasil belajar sesuai dengan tahap penguasaan kompetensi murid
- Merumuskan tujuan belajar yang dapat diukur dan menunjukkan capaian murid
- Memastikan tujuan belajar yang mencakup keragaman perkembangan murid
1. Kompetensi Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman
Indikator Kompetensi:
- Melakukan dan mendorong praktik komunikasi positif di lingkungan belajar
- Mengikutsertakan murid dalam perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi belajar
- Mengembangkan kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar
- Membangun kepercayaan diri dan menanamkan harapan yang tinggi pada murid
Indikator Kompetensi:
- Menyusun desain pembelajaran sesuai dengan tujuan, bermakna, dan mengikutsertakan murid
- Memastikan desain pembelajaran yang disusun relevan dengan tantangan di sekitar sekolah
- Melaksanakan pembelajaran yang dinamis dan menumbuhkan kegemaran belajar murid
- Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan kemampuan bernalar kritis murid
- Merefleksikan desain dan praktik pembelajaran serta menindaklanjutinya
Indikator Kompetensi:
- Merancang asesmen sesuai dengan tujuan dan bermakna bagi murid
- Melakukan asesmen secara obyektif dan relevan bagi murid
- Memberi umpan balik yang spesifik dan bermakna bagi murid
- Menyusun laporan belajar yang relevan dan mudah dipahami
- Menyampaikan laporan belajar melalui komunikasi yang dialogis
- Menganalisis hasil asesmen sebagai bahan untuk perbaikan pembelajaran
Indikator Kompetensi:
- Membangun komunikasi dan interaksi positif dengan orang tua/wali murid dan masyarakat
- Merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mengikutsertakan orang tua/wali murid dan masyarakat
- Menyediakan peran yang relevan dan bermakna bagi orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pembelajaran
Indikator Kompetensi:
- Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan pendidikan
- Menemukan aspek kekuatan dan kelemahan sebagai guru
- Menetapkan tujuan dan rencana pengembangan diri
- Menentukan cara dan beradaptasi dalam melakukan pengembangan diri
Indikator Kompetensi:
- Mengaktualisasikan makna, tujuan, dan pandangan hidup guru berdasarkan keyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Mengelola emosi agar berdampak positif terhadap fungsi dan perannya sebagai guru
- Menggunakan prinsip moral dalam pengambilan keputusan
- Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perilaku kerja yang mengacu pada kode etik guru
- Menerapkan strategi untuk menghindari pelanggaran kode etik guru dan konflik kepentingan
Indikator Kompetensi:
- Melakukan interaksi aktif dengan menjaga dan menghormati hak anak
- Menunjukkan kepedulian terhadap keselamatan dan keamanan anak, baik sebagai individu maupun kelompok
- Melakukan refleksi praktik dan kebiasaan kelompok bekerja yang berorientasi pada anak
4. Kompetensi Melakukan pengembangan potensi secara gotong royong untuk menumbuhkan perilaku kerja
Indikator Kompetensi:
- Mengenali dan menghormati perbedaan dalam konteks kebinekaan
- Mengakui dan menerima keberagaman kebutuhan pengembangan potensi orang lain
- Merencanakan dan melaksanakan pengembangan potensi secara kolaboratif
- Melakukan refleksi terhadap aktivitas kolaborasi pengembangan potensi
- Menerapkan hasil pengembangan potensi untuk menumbuhkan perilaku kerja
Indikator Kompetensi:
- Mengikuti secara aktif berbagai kegiatan jejaring dan organisasi profesi
- Melakukan eksplorasi beragam pengalaman belajar dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier
- Menghasilkan karya dan/atau memberikan layanan yang bermakna dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier
Bacaan Lainnya:
- Raport semester Ganjil dan Genap
- Ranking semester Ganjil dan Genap
- Daftar Kumpulan Nilai (DKN) semester Ganjil dan Genap
- Buku Induk
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Panduan Raport Projek Profil Pancasila. Mudan dan praktis. . Selanjutnya (baca....)
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Modul Ringkasan Materi Program Sekolah Penggerak, April 2021 dengan output sbb:
- Raport Semester Ganjil dan Genap
- DKN Semester Ganjil dan Genap
- Ranking
- Manajerial;
- Pengembangan Kewirausahaan; dan
- Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)
Bacaan Lainnya
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019
Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal. Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data Siswa; (2). Data Sekolah; (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal; (2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi; (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi:
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi
Selanjutnya Baca disini
Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD
(PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
0 komentar:
Post a Comment