- menunjukkan praktik pengembangan diri berdasarkan kesadaran dan kemauan pribadi;
- mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;
- berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah untuk mengembangkan karier; dan
- menunjukkan kematangan spiritual, moral, dan emosi untuk berperilaku sesuai dengan kode etik.
- a. memimpin upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada murid;
- b. memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada murid;
- c. memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid; dan
- d. melibatkan orang tua/wali murid sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah.
- mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berorientasi pada murid; dan
- memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid.
- memimpin program pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan mendukung kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang relevan; dan
- melibatkan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah.
Indikator Setiap Model Kompetensi Kepala Sekolah
1. Menunjukkan praktik pengembangan diri berdasarkan kesadaran dan kemauan pribadi
Indikator Kompetensi:
- Mengenali potensi diri dalam kepemimpinan pendidikan.
- Mengambil inisiatif, menetapkan tujuan, dan merencanakan pengembangan diri sesuai dengan kebutuhan kepemimpinan pendidikan yang dihadapi.
- Melakukan pengembangan diri sesuai dengan yang direncanakan.
- Melakukan refleksi terhadap hasil pengembangan diri untuk perbaikan
Indikator Kompetensi:
- Memetakan kebutuhan belajar warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Melakukan pendampingan kepada guru untuk melakukan pengembangan diri.
- Melakukan pendampingan kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Mendorong warga sekolah menguasai kompetensi yang dibutuhkan.
- Memberikan kesempatan kepada warga sekolah untuk melakukan pengembangan kompetensi di luar sekolah.
Indikator Kompetensi:
- Ikut serta dalam kegiatan jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah
- Berbagi praktik baik kepemimpinan sekolah dalam kegiatan jejaring dan organisasi yang relevan.
- Mengadopsi dan mengadaptasi praktik baik kepemimpinan dari kegiatan jejaring dan organisasi yang relevan
- Mendampingi pimpinan sekolah lain dalam pengembangan karier melalui jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah.
- Berinisiatif mengembangkan dan memberdayakan jejaring dan organisasi kepemimpinan sekolah.
Indikator Kompetensi:
- Mengaktualisasikan makna, tujuan, dan pandangan hidup pimpinan sekolah berdasarkan keyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Mengelola emosi agar berdampak positif dalam kepemimpinan sekolah
- Menggunakan prinsip moral dalam melakukan pengambilan keputusan
- Melaksanakan perilaku kerja dan praktik kepemimpinan yang mengacu pada kode etik
- Menerapkan strategi untuk menghindari pelanggaran kode etik dan konflik kepentingan
1. Memimpin upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada murid
Indikator Kompetensi:
- Mengembangkan dan merawat lingkungan sekolah yang nyaman dan aman bagi warga sekolah
- Mengembangkan komunikasi dan interaksi warga sekolah yang saling percaya dan peduli.
- Memfasilitasi masukan dan aspirasi murid dalam penyusunan kebijakan pegembangan lingkungan belajar dan pelaksanaan praktik belajar.
- Memastikan guru melibatkan murid dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif
Indikator Kompetensi:
- Memimpin pertemuan guru untuk merencanakan proses belajar yang berpusat pada murid.
- Memberi umpan balik terhadap perencanaan dan pelaksanaan proses belajar sebagai dasar bagi guru melakukan perbaikan.
- Menunjukkan praktik pembelajaran yang berpusat pada murid sebagai teladan bagi guru.
- Menyediakan dukungan agar guru fokus dalam melaksanakan proses belajar yang berpusat pada murid.
Indikator Kompetensi:
- Mengoordinasi pengumpulan dan pengolahan data terkait proses dan hasil belajar murid.
- Mengoordinasi evaluasi praktik pembelajaran berdasarkan data terkait proses dan hasil belajar murid.
- Memimpin pertemuan refleksi secara berkala untuk perbaikan kualitas proses belajar.
- Membimbing guru untuk melakukan perbaikan kualitas proses belajar berdasarkan hasil dari refleksi.
Indikator Kompetensi:
- Mendukung guru untuk memahami kebutuhan dan karakteristik orang tua/wali murid
- Menginisiasi komunikasi dan interaksi dengan orang tua/wali murid.
- Menyediakan dukungan kepada guru agar dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang tua/wali murid.
- Menyediakan kesempatan terbuka bagi orang tua/wali murid untuk menyampaikan pendapat.
- Menyediakan kesempatan bagi orang tua/wali murid untuk berperan sebagai pendamping dan sumber belajar.
- Mendorong orang tua/wali murid untuk menggunakan kesempatan sebagai pendamping dan sumber belajar
##3. Kepemimpinan Manajemen Sekolah
1. Mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berorientasi pada murid
Indikator Kompetensi:
- Memfasilitasi keikutsertaan warga sekolah dalam penyusunan visi dan misi sekolah serta programnya.
- Menumbuhkan budaya belajar warga sekolah yang berorientasi pada murid untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
- Mengomunikasikan visi dan misi sekolah dengan menggunakan basis bukti dan data melalui berbagai media.
- Memberi kesempatan pada warga sekolah untuk mencoba pendekatan baru secara iteratif dan reflektif sesuai perannya dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.
- Mengevaluasi implementasi program secara berkala untuk mewujudkan visi dan misi sekolah.
Indikator Kompetensi:
- Menyusun program prioritas dalam merancang program yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, realistis, dan berorientasi pada murid
- Mendapatkan sumber daya yang sesuai dan dapat dipertanggungjawabkan untuk melaksanakan program sekolah.
- Memberdayakan sumber daya sekolah yang tersedia secara efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas belajar.
- Menunjukkan praktik baik pelaksanaan program sekolah yang berdampak pada murid.
- Mengarahkan warga sekolah untuk menjalankan program dengan menjelaskan keterkaitan program dengan visi dan misi sekolah
- Memantau dan memberi umpan balik untuk memotivasi warga sekolah dalam menjalankan program yang berdampak pada murid.
- Memandu pertemuan secara berkala untuk merefleksikan dan memperbaiki pelaksanaan program sekolah agar lebih berdampak pada murid.
1. Memimpin program pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan mendukung kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang relevan.
Indikator Kompetensi:
- Melakukan evaluasi diri sekolah yang melibatkan warga sekolah dengan berbasis data dan bukti
- Menentukan prioritas, merancang, dan melaksanakan program pengembangan sekolah dengan mengacu pada kebutuhan murid, ketersediaan sumber daya, serta visi dan misi
- Menginisiasi program pengembangan sekolah dalam lingkup terbatas untuk mendapatkan bukti keberhasilan sebelum diterapkan pada lingkup yang lebih luas
- Mengimplementasikan pendekatan inovatif untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi program pengembangan sekolah
- Mengorganisasi proses pengembangan sekolah untuk memastikan peningkatan kualitas proses belajar yang berdampak pada murid
- Mewujudkan peran sekolah untuk mendukung kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang relevan
Indikator Kompetensi:
- Mengomunikasikan pentingnya pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid kepada orang tua/wali murid dan masyarakat.
- Menyediakan kesempatan bagi orang tua/wali murid dan masyarakat untuk mengambil peran dalam pengembangan sekolah.
- Mengomunikasikan dampak hasil pengembangan sekolah pada peningkatan kualitas belajar murid kepada orang tua/wali murid dan masyarakat.
Bacaan Lainnya:
- Raport semester Ganjil dan Genap
- Ranking semester Ganjil dan Genap
- Daftar Kumpulan Nilai (DKN) semester Ganjil dan Genap
- Buku Induk
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Panduan Raport Projek Profil Pancasila. Mudan dan praktis. . Selanjutnya (baca....)
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Modul Ringkasan Materi Program Sekolah Penggerak, April 2021 dengan output sbb:
- Raport Semester Ganjil dan Genap
- DKN Semester Ganjil dan Genap
- Ranking
- Manajerial;
- Pengembangan Kewirausahaan; dan
- Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)
Bacaan Lainnya
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019
Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal. Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data Siswa; (2). Data Sekolah; (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal; (2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi; (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi:
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi
Selanjutnya Baca disini
Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya
Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD
(PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung, menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya