4. Menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah
Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan. RKJM merupakan rencana kerja pencapaian tujuan berdasarkan skala prioritas. Substansi rencana kerja tersebut diperoleh dari kesenjangan yang terjadi antara kondisi sekolah saat ini dengan kondisi ideal yang diharapkan. Indikator dari RKJM mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Rencana Jangka Menengah (RKJM) dapat disusun melalui tahapan pada Tabel 2.7 sebagai berikut:
NO
|
KOMPONEN
|
LANGKAH
KERJA
|
PERANGKAT
|
1.
|
Rencana kerja jangka menengah (RKJM)
|
1. Menugaskan
tim kerja/tim pengembang untuk menyusun RKJM
2. Menganalisis
rekomendasi hasil EDS, visi, misi, dan tujuan sekolah
3. Menentukan
prioritas dalam penyusunan RKJM
4. Mereviu
dan merevisi rancangan (draf) rencana kerja jangka menengah (RKJM)
5. Memfinalisasi
hasil revisi Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM)
6. Menandatangani
dokumen RKJM
|
Dokumen RKJM
|
Contoh berikut ini adalah program sekolah hasil EDS yang dituangkan dalam skala prioritas RKJM diperlihatkan oleh bagan 2.2.
Contoh sistematika dokumen tertulis RKJM dapat menggunakan tabel 2.8 sebagai berikut:
SISTEMATIKA
|
PENJELASAN
|
BAB I PENDAHULUAN
|
|
A. Latar Belakang
|
Menguraikan apa, bagaimana dan mengapa RKJM harus dibuat sekolah
|
B. Landasan Hukum
|
Landasan Hukum yang memayungi RKJM
|
C. Tujuan
|
Menjelaskan tujuan penyusunan RKJM dan tujuan dari RKJM itu sendiri
|
D. Manfaat
|
Menjelaskan manfaat dari penyusunan RKJM dan manfaat dari RKJM itu
sendiri
|
E. Ruang Lingkup
|
Menjelaskan Ruang lingkup dari isi RKJM
|
BAB II PROFIL SEKOLAH
|
Menguraikan profil sekolah: Visi, misi, tujuan, dan profil lainnya
|
BAB III PROSES PENYUSUNAN RKJM
|
Menguraikan rekomendasi hasil analisis sekolah baik hasil EDS atau
analisis lainnya
|
BAB IV RENCANA KERJA
|
Menguraikan program-program yang direncanakan dalam kurun empat tahun
|
BAB V PENUTUP
|
Jawaban tujuan, harapan, kebermanfaatan RKM, pengembangan dan
rekomendasi.
|
Agar mudah dibaca dan dipahami oleh para pemangku kepentingan pendidikan, RKJM dapat menjelaskan pencapaian program yang direncanakan selama empat tahun. Contoh komponen/target yang akan dicapai berdasarkan skala prioritas selama empat tahun ditunjukkan dalam Tabel 2.9 sebagai berikut.
Sumber: Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah
Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah (download disini)
Baca Artikel lainnya:
Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP/MTs Tahun 2018
Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP Revisi Juni 2017 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2007 dan Ms Excel 2010 (lebih baik). Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).
Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 8 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 8 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MI Revisi Tahun 2018
Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Desember 2016 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2010. Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Desember 2016 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2010. Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Kemudahan Aplikasi:
Guru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial.
Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD Tahun 2018
Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Kemudahan Aplikasi:
Guru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial.
Output Aplikasi:
1. Nilai-Predikat, Deskripsi setiap mapel
2. Raport UTS
3. Raport Semester
4. Daftar Kumpulan Nilai (DKN) per siswa
5. Daya Serap mapel/kelas
6. Buku Induk Lengkap.
1. Nilai-Predikat, Deskripsi setiap mapel
2. Raport UTS
3. Raport Semester
4. Daftar Kumpulan Nilai (DKN) per siswa
5. Daya Serap mapel/kelas
6. Buku Induk Lengkap.
Semoga Bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment