5. Menyusun Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kegiatan, dan Anggaran Sekolah
a. Menyusun Rencana Kerja Tahunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) adalah rencana kerja sekolah dalam 1 tahun sebagai skala prioritas dari RKJM. Rencana Kerja Tahunan dapat dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran sekolah sebagai istilah lain dari Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja sekolah. Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah yang ditunjukkan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. Rencana kerja tahunan memuat ketentuan yang jelas mengenai kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan, serta rencana-rencana kerja lain yang mengarah kepada peningkatan dan pengembangan mutu.
Menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) menggunakan tahapan pada Tabel 2.10 sebagai berikut.
NO
|
KOMPONEN
|
LANGKAH
KERJA
|
PERANGKAT
|
1.
|
Rencana Kerja Tahunan dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah
|
Memembentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS)
|
SK TPS
|
Menganalisis program pada RKJM yang menjadi skala prioritas pada tahun
bersangkutan
|
Hasil analisis
|
||
Melaksanakan program di tahun bersangkutan memerlukan pembiayaan, maka
perlu ada uraian program, volume, satuan, harga satuan, jumlah harga, dan
sumber dana
|
|
||
Menyetujui melalui rapat dewan pendidikan setelah memperhatikan
pertimbangan dari komite sekolah dan disahkan oleh dinas pendidikan
kabupaten/kota. Pada sekolah swasta rencana kerja ini disahkan oleh
penyelenggara sekolah.
|
|
||
|
|
Menyusun RKT dilengkapi dengan rencana anggaran dan belanja sekolah
(RKAS) dalam dokumen tertulis yang mudah dibaca dan dipahami oleh para
pemangku kepentingan pendidikan.
|
|
Sistematika Rencana Kerja Tahunan diperlihatkan oleh Tabel 2.11 di bawah ini.
SISTEMATIKA
|
PENJELASAN
|
BAB I PENDAHULUAN
|
|
A. Latar Belakang
|
Menguraikan apa, bagaimana dan mengapa RKT harus dibuat oleh sekolah
|
B. Landasan Hukum
|
Landasan hukum yang memayungi RKJM
|
C. Tujuan
|
Menjelaskan tujuan penyusunan RKT dan tujuan dari RKT itu sendiri
|
D. Manfaat
|
Menjelaskan manfaat dari penyusunan RKT dan manfaat dari RKT itu
sendiri
|
E. Ruang Lingkup
|
Menjelaskan ruang lingkup dari isi RKT
|
BAB II PROFIL SEKOLAH
|
Menguraikan profil sekolah yaitu visi, misi, tujuan dan profil lainnya
|
BAB III RENCANA KERJA TAHUN ....
|
Menguraikan rencana kerja di tahun yang bersangkutan
|
BAB IV RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
|
Menguraikan pembiayaan pada rencana kerja, baik besaran penggunaannya
maupun sumber dananya
|
BAB V PENUTUP
|
Jawaban tujuan, harapan kebermanfaatan RKM, pengembangan dan
rekomendasi.
|
b. Menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)
Perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan anggaran pendapatan dan belanja tahunan sekolah meliputi:
1) sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana yang dikelola;
2) penyusunan dan pencairan anggaran, serta penggalangan dana di luar dana investasi dan operasional;
3) kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya;
4) pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran untuk dilaporkan kepada komite sekolah serta institusi di atasnya, mengacu pada ketentuan Standar Biaya dan Standar Biaya Kementerian Keuangan.
Rencana Kegiatan dan anggaran sekolah merupakan kegiatan yang dilakukan sekolah selama satu tahun yang diperinci dengan pembiayaannya. Tabel 2.12 merupakan contoh format RKAS.
Sumber: Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah
Download Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah (download disini)
Baca Artikel lainnya:
Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SMP/MTs Tahun 2018
Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SMP Revisi Juni 2017 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2007 dan Ms Excel 2010 (lebih baik). Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).
Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 8 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 8 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 MI Revisi Tahun 2018
Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Desember 2016 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2010. Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Desember 2016 dan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016. Aplikasi support pada Ms Excel 2010. Aplikasi diformat dengan ekstensi *.exe (Application).Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Kemudahan Aplikasi:
Guru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial.
Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 SD Tahun 2018
Aplikasi Raport ini dapat memudahkan tugas Guru dalam mengolah nilai dan hasil belajar pada kurikulum 2013.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Aplikasi berdasarkan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk SD Revisi Aplikasi ini dilengkapi dengan: 1. Input Aspek Pengetahuan dengan 9 Kompetensi Dasar 2. Input Aspek Ketrampilan dengan 9 Kompetsni Dasar 3. Jurnal KI-1 dan KI-2.
Kemudahan Aplikasi:
Guru hanya input Data Siswa dan Nilai Siswa. Kompetensi Dasar (KD) sudah terintegrasi dalam aplikasi. Deskripsi capaian otomatis muncul, demikian juga deskripsi sikap spiritual dan sikap sosial.
Output Aplikasi:
1. Nilai-Predikat, Deskripsi setiap mapel
2. Raport UTS
3. Raport Semester
4. Daftar Kumpulan Nilai (DKN) per siswa
5. Daya Serap mapel/kelas
6. Buku Induk Lengkap.
1. Nilai-Predikat, Deskripsi setiap mapel
2. Raport UTS
3. Raport Semester
4. Daftar Kumpulan Nilai (DKN) per siswa
5. Daya Serap mapel/kelas
6. Buku Induk Lengkap.
Semoga Bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment