Praktik Kinerja merupakan variabel pertama yang masuk dalam penilaian.
Praktik Kinerja, yang dilakukan guru maupun kepala sekolah dan menjadi prioritas peningkatan kinerja berdasarkan observasi kinerja yang akan dinilai.
Untuk Kepala Sekolah: Indikator D3 dan Kepemimpinan Pembelajaran
2. Pengembangan Kompetensi
Pengembangan kompetensi merupakan variabel yang akan menjadi pertimbangan dalam penilaian.
Pengembangan kompetensi pada pilihan kegiatan pengembangan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi karier pegawai di masa depan serta kesesuaian dengan kebutuhan dan tujuan satuan pendidikan, yang akan dipertimbangkan.
Kategori kegiatannya antara lain:
- Pendidikan
- Pelatihan
- Non Pelatihan
- Kontribusi Komunitas
- Kontribusi sumber belajar
- Ibu Guru A merencanakan RHK 46 poin, namun ditengah perjalanan Ibu Guru A sakit sehingga tidak tercapai RHK-nya.
- Bapak Guru B dalam RHK-nya memilih sebagai peserta seminar/webinar dengan 3 kegiatan yang poinnya 4, namun ditengah perjalanan karena diberi motivasi dan ada peluang Bapak Guru B menjadi narasumber berbagi praktik baik yang poinnya 8 untuk 4 kegiatan.
3. Perilaku Kinerja
Perilaku kinerja menjadi variabel yang akan dinilai.
Perilaku kinerja, perilaku yang diharapkan dari setiap ASN yang terdiri dari berorientasi pelayanan, akuntabel, komponen, harmonis, loyal adaptif dan kolaboratif dikontekstualisasikan dalam bidang pendidikan yang akan dinilai.
4. Dokumen Akuntabilitas
Untuk variabel ini tidak dinilai tetapi wajib untuk dikumpulkan.
Dokumen yang menunjukan akuntabilitas pegawai baik guru maupun kepala sekolah d dalam melakukan kinerja sesuai tugasnya yang harus dikumpulkan.
Dokumen Akuntabilitas Guru:
1. Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (K3)
2. SK Tugas Tambahan (K4)
3. Kehadiran di Kelas (K5)
Dokumen Akuntabilitas Kepala Sekolah:
1. Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (K3)
2. Perencanaan Program Sekolah (K4)
3. Pelaporan Program Sekolah (K5)
4. Kehadiran di Sekolah (K6)
Keempat variabel di atas akan menjadi acuan dalam melakukan Penetapan Predikat Kinerja Pegawai. Kemudian Predikat Kinerja akan menentukan Angka Kredit yang diperoleh pegawai.
Bacaan Lainnya
Aplikasi Telaah Perangkat Ajar
Aplikasi ini didesain untuk menyahuti salah satu pilihan dari 18 pilihan Rencana Hasil Kerja (RHK) Perdirjen GTK/Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023, yaitu Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Penelaah perangkat ajar yang dihasilkan Guru dan/atau Kepala Sekolah lain sebanyak 10 Perangkat Ajar setara 6 poin dengan bukti dukung Laporan.
Aplikasi ini dirancang online dengan kuosioner google formulir dan hasilnya (outputnya) di oleh online berformat pdf.
Baca selanjutnya ....(baca)
Aplikasi Partisipan Observasi Praktik Pembelajaran
Aplikasi ini didesain untuk menyahuti salah satu pilihan dari 18 pilihan Rencana Hasil Kerja (RHK) Perdirjen GTK/Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023, yaitu Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat dengan catatan 1 observasi sebagai pelaku dan pengamat secara bergantian setara 8 poin dengan bukti dukung Laporan.
Aplikasi ini dirancang online dengan kuosioner google formulir dan hasilnya (outputnya) di oleh online berformat pdf.
Menunya sesuai panduan sbb:
1. Persiapan Observasi Praktik Pembelajaran
2. Pelaksanaan Observasi Praktik Pembelajaran
3. Diskusi Tindak Lanjut Pasca Observasi
- Pelaksanaan observasi kinerja dalam menjalankan tugas Guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf a terdiri atas:
- peningkatan praktik manajemen kelas yang berfokus pada keteraturan suasana kelas;
- peningkatan praktik manajemen kelas yang berfokus pada penerapan disiplin positif;
- peningkatan praktik dukungan psikologis yang berfokus pada ekspektasi peserta didik;
- peningkatan praktik dukungan psikologis yang berfokus pada perhatian dan kepedulian;
- peningkatan praktik dukungan psikologis yang berfokus pada umpan balik konstruktif;
- peningkatan praktik aktivasi kognitif yang berfokus pada instruksi yang adaptif;
- peningkatan praktik aktivasi kognitif yang berfokus pada instruksi pembelajaran; atau
- peningkatan praktik aktivasi kognitif yang berfokus pada aktivitas interaktif.
0 komentar:
Post a Comment