Media berbagi pengetahuan, pengalaman, informasi terkait penerapan kurikulum 2013, file aplikasi yang berguna bagi pendidikan.

Kisah Penjual Keledai

Kisah Penjual Keledai
Pada jaman dahulu kala, hiduplah seorang tua bernama Matahari Tua, beliau tinggal bersama putranya yang bernama Matahari Kecil.Suatu hari, Matahari Tua dan Matahari Kecil pergi ke pekan raya di kota untuk menjual keledainya. 

Seorang perempuan melihat mereka dan tertawa, "Kalian berjalan membawa keledai. mengapa kalian tak menungganginya? Kelian berdua benar-benar bodoh!" "Perempuan itu benar," kata orang tua itu kepada putranya, "Kita berdua sungguh bodoh." 
Share:

Supervisi Administrasi Guru (Perencanaan Pembelajaran)

Tugas pokok pengawas sekolah/satuan pendidikan adalah melakukan penilaian dan pembinaan dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial. Salah satu tugas Pengawas Sekolah adalah Supervisi Akademik diantaranya supervisi akademik dengan materi pembinaan Administrasi Guru (Perencanaan Pembelajaran).



Materi Pembinaan Administrasi Guru (Perencanaan Pembelajaran) meliputi: 1. Kalender Pendidikan, 2. Program Tahunan, 3. Program Semester, 4. Silabus, 5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 6. Jadwal Tatap Muka, 7. Agenda Harian, 8. Daftar Nilai (Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan), 9. Kriteria Ketuntasan Minimal, 10. Absensi Siswa, 11. Buku Pegagangan Guru dan 12. Buku Teks Siswa.
Share:

Aplikasi Bel Sekolah Otomatis

Aplikasi bel sekolah otomatis ini dibuat oleh orang tua dari Agastya Treva Haidar,  pembuat secara sengaja tidak memberikan informasi namanya. Namun dapat diketahui bahwa aplikasi ini pertama dibuat didedikasikan untuk SMK Darunnajah.Hal terlihat dari laman info aplikasinya. Aplikasi bel sekolah otomatis ini sengaja di sodakohkan untuk seluruh sekolah yang membutuhkan aplikasi bel sekolah.
Siapapun boleh menggunakan dan menyebar luaskan aplikasi ini. Sang pembuat hanya meminata agar anak-anaknya didoakan agar enjadi anak yang sholeh dan sholehah. Amiin.
Share:

Pemenuhan Beban Kerja Kepala Sekolah

Dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah (juga Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018) membawa perubahan baru bagi kinerja kepala sekolah.


Kepala Sekolah adalah Guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola (Pasal 1:2):
Share:

Pemenuhan Beban Kerja Guru

Dikeluarkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah (juga Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018) memberikan arah baru bagi kinerja Guru.

Share:

Buku Kelas IX Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017

Sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan pengadaan buku kurikulum 2013 baik hard copy maupun soft copy, pemerintah menyiapkan buku pegangan guru dan buku siswa sebagai buku teks yang menopang kegiatan belajar mengajar. Untuk memudahkan para Guru, siswa dan orangtua dalam mendapatkan softcopy buku kurikulum 2013 tingkat SMP silahkan unduh/download pada tautan berikut:
Share:

Kisah Adzan Terakhir Bilal bin Rabbah

Semenjak Rasulullah wafat, Sahabat Bilal ibn Rabbah menyatakan bahwa dirinya tidak akan mengumandangkan adzan lagi. Ketika Khalifah Abu Bakar memintanya untuk menjadi muadzin kembali, dengan hati pilu nan sendu Bilal berkata, "Biarkan aku hanya menjadi muadzin Rasulullah saja. Rasulullah telah tiada, maka aku bukan muadzin siapa-siapa lagi." Abu Bakar pun tak bisa lagi mendesak Bilal untuk kembali mengumandangkan adzan.

Kesedihan sebab ditinggal wafat oleh Rasulullah terus mengendap di hati Bilal. Dan kesedihan itu yang mendorongnya meninggalkan Madinah, dia bersama rombongan pasukan Fath Islamy berangkat menuju Syam, dan kemudian tinggal di Homs, Syria.
Share:

Keteladanan Sang Umar bin Khattab


Pada saat baru dilantik menjadi Khalifah, diberikanlah kepada beliau tunjangan sebagaimana yang telah di tetapkan oleh khalifah sebelumnya, Abu bakar assidiq r.a. Kebetulan di saat awal pemerintahannya harga-harga kebutuhan pokok di pasar-pasar  mulai merangkai naik. 

Share:

Kisah Kesederhanaan Anak Khalifah Umar bin Abdul Aziz RA di Hari Raya Id

Hari raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha merupakan hari kebahagiaan umat Islam. Kebahagiaan ini ditandai dengan penampilan necis, yaitu pakaian baru, sepatu yang modis, dan kendaraan trendi. Begini sebagian orang memaknai Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Paling tidak, pakaian baru satu stel di hari raya.
Share:

Pemimpin Penjaga Harta Amanah Rakyat

Siang itu, udara Madinah terasa begitu menyengat. Terik di musim panas kali itu seolah hendak membakar gunung dan menghancurkannya. 
Demikian Khalid Muh. Khalid memulai penggalan kisah Umar bin Khaththab, khalifah kedua kaum muslimin ini.

Sementara itu, Utsman bin Affan, salah satu pengusaha kaya yang kelak akan menjadi khalifah ketiga kaum muslimin, memandang seseorang dari jendela dangaunya (gubuk) di salah satu dataran yang tinggi. Seorang laki-laki tampak sedang menggiring dua ekor unta di bawah terik matahari yang panas itu.
Share:

Modul Manajemen Implementasi Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia saat ini, walaupun belum semua kelas, namun mulai tahun pelajaran 2018/2019 semua sekolah harus sudah menerapkan kurikulum 2013 pada semua jenjang pendidikan, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.
Share:

Konsep Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SMA



A. Pengertian

Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pelaksanaan penilaian di SMA mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan dan peraturan-peraturan penilaian lain yang relevan yaitu kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Share:

Kisah Wanita Tua

Suatu hari yang panas, Nabi Muhammad SAW pergi ke suatu tempat. Di perjalanan di sebuah padang gurun, ia melihat seorang wanita tua membawa tas di kepalanya.

Nabi Muhammad membantunya. Ia langsung membawakan barang-barang wanita itu.


Nabi bertanya kepada wanita sedang menuju kemana dan mengapa melakukan perjalanan sejauh itu.

Share:

Bonus Pemesanan Aplikasi Nilai Raport Kurikulum 2013

Aplikasi Rapor SD Tahun 2018

Bagi Bapak/Ibu pemesan/pengguna aplikasi nilai raport kurikulum 2013 untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dapat mendownload file bonus sebagai berikut:
Share:

Membangun Atmosfir Kelas yang Menyenangkan

“ Horeeee   …! “, begitulah suasana riuh gembira ketika bel berbunyi menandakan usainya les matematika yang diajarkan oleh pak Umar Bakri. Mereka merasa merdeka, lega, seperti orang yang baru keluar dari penjara. Begitulah realita kelas–kelas sekolah kita. Sebagian besar siswa kita merasa bahwa sekolah adalah penjara. Belajar adalah membosankan. Mengapa ?

Tony Buzan, seorang pengamat pendidikan mengatakan: “ Setelah saya melakukan penelitian selama 30 tahun tentang asosiasi orang tentang terhadap kata “belajar“, saya menemukan sepuluh kata dan konsep, yaitu: membosankan, ujian, pekerjaan rumah, buang–buang waktu, hukuman, tidak relevan, penahanan, idih/aiih (yuck), benci dan takut“.
Share:

Konsep Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI


A. Pengertian
Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum sebagai seperangkat rencana mencakup tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian erat kaitannya dengan informasi seputar peserta didik dan pembelajarannya. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
Share:

Pelajaran Puasa dari Pohon Jati

Oleh Achmad Siddik Thoha

Pohon-pohon jati itu melepaskan dedaunannya. Daun-daun kecoklatan terbang dan terhempas ringan di atas tanah. Lantai hutan jati terlihat penuh dengan daun lebar kering berwarna coklat muda yang berserakan. Hutan jati dalam keadaan meranggas saat itu.

Dua orang melintas pelan di hutan itu. Seorang pria dengan janggut panjang dan pria satunya masih sangat belia. Dua orang ini adalah murid dan guru yang berkelana mencari kearifan hidup.

Share:

Kisah Si Penebang Pohon.

Alkisah, seorang pedagang kayu menerima lamaran seorang pekerja untuk menebang pohon di hutannya. Karena gaji yang dijanjikan dan kondisi kerja yang bakal diterima sangat baik, sehingga si calon penebang pohon itu pun bertekad untuk bekerja sebaik mungkin.

Saat mulai bekerja, si majikan memberikan sebuah kapak dan menunjukkan area kerja yang harus diselesaikan dengan target waktu yang telah ditentukan kepada si penebang pohon.

Hari pertama bekerja, dia berhasil merobohkan 8 batang pohon. Sore hari, mendengar hasil kerja si penebang, sang majikan terkesan dan memberikan pujian dengan tulus, “Hasil kerjamu sungguh luar biasa! Saya sangat kagum dengan kemampuanmu menebang pohon-pohon itu. Belum pernah ada yang sepertimu sebelum ini. Teruskan bekerja seperti itu”.
Share:

Konsep Penilaian Kurikulum 2013 SMP


A. Pengertian
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.
Share:

Total Pengunjung

BTemplates.com

Followers

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blog Archive

Apakah Blog ini Bermanfaat?

Blog Archive