Media berbagi pengetahuan, pengalaman, informasi terkait penerapan kurikulum 2013, file aplikasi yang berguna bagi pendidikan.

Daring Pemanfaatan Telegram untuk Pembelajaran



Apa itu Telegram?
Telegram adalah Aplikasi pesan chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan chatting rahasia yang dienkripsi end-to-end sebagai keamanan tambahan. Dengan Telegram Anda juga dapat berbagi lebih dari sekedar gambar dan video, tapi Telegram juga memungkinkan Anda mentransfer dokumen atau mengirim lokasi Anda saat ini ke teman dengan mudah. Telegram merupakan aplikasi Terbaik dari semua, cepat, ringan, tidak ada iklan dan  benar-benar gratis, aplikasi ini sangat mirip dengan WhatsApp dan bisa menjadi alternatif dari WhatsApp.

Kelebihan Telegram
  • Privasi - Pesan telegram yang sangat dienkripsi dan dapat dihapus sesuai pengaturan.
  • Berbasis Cloud: Telegram memungkinkan mengakses pesan dari beberapa perangkat.
  • Cepat: Telegram memberikan pesan lebih cepat daripada aplikasi lainnya.
  • Terdistribusi: Server Telegram tersebar di seluruh dunia untuk keamanan dan kecepatan.
  • Terbuka: Telegram memiliki API yang terbuka dan protokol gratis untuk semua orang.
  • Gratis: Telegram gratis selamanya. Tanpa iklan. Tidak ada biaya berlangganan.
  • Aman: Telegram membuat pesan aman dari serangan hacker.
  • Powerful: Telegram tidak memiliki batas pada ukuran media dan chatting.(https://telegram.org/

Workshop Daring Pemanfaatan Telegram untuk Pembelajaran #3

Daring ini bertujuan memberikan pengalaman bagi guru menggunakan Telegram dalam mengelola kelas, baik dalam mengelola bahan ajar dan penilaian. Aktivitas kegiatan dilakukan dengan menggunakan HP Smart-phone sehingga tidak perlu keahlian khusus menggunakan notebook.

Manfaat bagi Guru:
Guru dapat menggunakan aplikasi Telegram dalam mengelola kelas , baik dalam mengelola bahan ajar dan penilaian.

Pelaksanaan Kegiatan: 27 s/d 31 Oktober 2020

Fasilitas Daring:
   1) Modul Telegram  
   2) e-Sertifikat 

Kontribusi Peserta:
1). Anggota IGI Sumatera Utara Rp 25.000'-
2). Anggota IGI Luar Sumatera Utara Rp 35.000'- 
3). Umum Rp 50.000,- 
Donasi transfer ke BNI No. Rek: 019-981-5176 a.n. Ahmad Nawawi

Bukti Transfer kirim ke Telegram 0811-6207-84 (Ahmad Nawawi) atau 0822-9403-5365 (Purnawanto) untuk digabungkan ke Grup

Narasumber:
Kegiatan ini dibimbing oleh:
1. Gusti Dewi Monalisa, S.Sos (Kabupaten Asahan)
2. Dewi Setiawati, S.Pd (Kabupaten Karo)
3. Dyah Ayu Woro Wirateh, S.Pd (Kab. Serdang Bedagai)


Adapun Modul yang disajikan sbb:
  • Membuat Grup Telegram, Wellcome Bot dan Channel Telegram
  • Animasi Bot
  • Membuat Sticker Telegram
  • Membuat Absensi dengan Pollrbot
  • Membuat Quiz dengan Quizbot
  • Membuat QRCode dengan Bot
  • Membuat Link Transfaran
Pengelolaan Kelas:
 1. Peserta akan dikelola dalam Aplikasi Telegram dan Google Classroom
 2. Diskusi Mandiri Peserta
 3. Diskusi bersama Mentor
 4. Absensi Online Pagi 

Link Pendaftaran Daftar disini

Terima Kasih
Share:

Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid 19


Tujuan:
Memberikan panduan kepada Pengawas Sekolah Penggerak agar tetap sehat, tetap aman dan terus bekerja

Indikator:
Pengawas Sekolah Penggerak tetap sehat, tetap aman dan tetap bekerja


Langkah-Langkah Implementasi Supervisi Manajerial
Perencanaan
1. Mengkaji Program Supervisi Manajerial
  • PEMBINAAN: Lakukan peningkatan kompetensi Kepala Sekolah dan Tendik lainnya pada satuan pendidikan binaan sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan yang bersangkutan
  • BIMBINGAN DAN PELATIHAN (BIMLAT); Lakukan Bimlat Kepala Sekolah dan Tendik
  • lainnya dalam pengelolaan sekolah dengan kebutuhan satuan pendidikan yang bersangkutan
  • PEMANTAUAN Lakukan pemantauan keterlaksanaan 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan) dalam penyelenggaraan pendidikan dan temukan hambatan-hambatannya.
  • PENILAIAN: Lakukan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dalam mengelola pendidikan pada satuan pendidikan
2. Menyelaraskan Program Supervisi Manajerial dengan kondisi dalam rencana kerja Work from Home
3. Mengidentifikasi akses dan fasilitas internet
4. Mengidentifikasi tingkat Literasi Digital Kepala Sekolah dan Tendik
5. Menyusun instrumen pendukung

Pelaksanaan
  1. Lakukan peran sebagai Coach dan Counsellor yang dapat mendampingi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Program Supervisi Manajerial (pemantauan; pembinaan; bimbingan dan latihan (bimlat) dan penilaian) untuk melaksanakan tugas dari rumah
  2. Pilih aplikasi online yang tepat dan relevan untuk mendampingi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Program Supervisi Manajerial
  3. Atur jadwal untuk komunikasi secara intensif dengan Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan
  4. Laksanakan Program Supervisi Manajerial sesuai dengan jadwal

Evaluasi
  • Gunakan instrumen, catat masalah atau hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan pada Masa Pademi Covid-19
  • Berikan alternatif solusi dari masalah yang dihadapi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan pada Masa Pademi Covid-19
Selengkapnya silahkan download disini

Agenda Daring IGI Sumatera Utara:
1. Mengelola Kelas dalam Genggaman Smartphone Google Classroom 3-7 Juni 2020    Daftar disini
2. Membuat Soal Tes Online dengan Microsoft Form (G-1) : 9-11 Juni 2020 Daftar disini
3. Pemanfaatan GForm untuk Tes Online Smartphone (G-6) : 15-18 Juni 2020 Daftar disini
4. Penilaian Online Quizizz (G-3) : 20-24 Juni 2020 Daftar disini
5. Daring Pemanfaatan Google Sites sebagai Media Pembelajaran (25 s/d 29 Juni 2020)  Daftar disini

Agenda Workshop Daring Kegiatan Bulan Juli 2020:
6. Workshop Daring Penyusunan RPP Sederhana Sekolah Dasar (G-1): 1 s/d 4 Juli 2020 Baca Selengkapnya

Agenda Daring Kegiatan Bulan Mei 2020:
1. Daring Pemanfaatan GForms dan GBoard untuk membuat Tes Online dari HP Smartphone Gelombang 4 (29 April s/d 2 Mei 2020)
2. Daring Penilaian Online Quizizz (3 s/d 7 Mei 2020)
3. Daring Pemanfaatan GForms dan GBoard untuk membuat Tes Online dari HP Smartphone Gelombang 5 (9 s/d 12 Mei 2020)
4. Daring Pemanfaatan Google Sites sebagai Media Pembelajaran (13 s/d 17 Mei 2020)
5. Daring Pemanfaatan GForms dan GBoard untuk membuat Tes Online dari HP Smartphone Kab. Langkat Gelombang 1 (14 s/d 17 Mei 2020)

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat

Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah

Aplikasi ini berdasarkan Juknis Dirjen Pendais Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Aplikasi berformat *.exe dikerjakan secara ofline, didesain dengan Ms Excel 2010. Aplikasi didesain untuk memudahkan Kepala Madrasah melakukan Penilaian Diri tentang Kinerjanya sehingga dapat mengetahui aspek/ komponen mana yang harus diperbaiki.
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)

  
Download Aplikasi Nilai MTs Full Versi:
Aplikasi ini merupakan pasangan Aplikasi Raport versi 08.2019. Aplikasi Nilai dengan KD terintegrasi dapat di download pada tautan berikut: 

1. Aplikasi Nilai Mapel Akidah Akhlak (unduh) 
2. Aplikasi Nilai Mapel Al-Qur'an Hadits (unduh)
3. Aplikasi Nilai Mapel Fikih (unduh)
4. Aplikasi Nilai Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (unduh)
5. Aplikasi Nilai Mapel Bahasa Arab (unduh)

Aplikasi Raport MTs Tahun 2019 (download disini)

Aplikasi Mapel SMP Tahun 2019 Full Versi     
1. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Islam (unduh
2. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Kristen Protestan (unduh)
3. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Kristen Katolik (unduh) 
4. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Hindu (unduh)
5. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Budha (unduh)
6. Aplikasi Nilai Mapel PPKN (unduh)
7. Aplikasi Nilai Mapel Bahasa Indonesia (unduh)
8. Aplikasi Nilai Mapel Matematika (unduh)
9. Aplikasi Nilai Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (unduh)
10. Aplikasi Nilai Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (unduh)
11. Aplikasi Nilai Mapel Bahasa Inggris (unduh)  
12. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Jasmani Olah Raga (unduh)
13. Aplikasi Nilai Mapel Seni Budaya (unduh)
14. Aplikasi Nilai Mapel Prakarya (unduh)
15. Aplikasi Nilai Mapel Informatika (unduh)   
Support Aplikasi: 
Support Aplikasi: Ms Office Excel Minimal 2010  install Standard.
Aplikasi Berformat *.EXE (Application)


Semoga Bermanfaat 
Bacaan Lainnya
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019 
Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal.  Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data  Siswa; (2). Data Sekolah;  (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal(2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi;  (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi: 
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi

Selanjutnya Baca disini 

Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung,  menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan  PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya

Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD 

(PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung,  menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya 

Semoga Bermanfaat. 



Share:

Panduan Kerja Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid 19



Dasar Hukum:
SE Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Langkah Pencegahan Covid 19 pada Satuan Pendidikan SE Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid 19

Tujuan:
Memberikan panduan bagi Kepala Sekolah dalam melaksakan tugas dan fungsinya pada masa pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan


Langkah Perencanaan:
  1. Melakukan koordinasi efektif dengan Disdik, Komite, Guru dan Staf Sekolah
  2. Update informasi resmi untuk dibagikan kepada Komite/Guru/Karyawan/Paguyuban orang tua
  3. Membuat surat tugas kepada guru untuk pembelajaran daring
  4. Membuat surat pemberitahuan/edaran (online) kepada orangtua tentang pelaksanaan pembelajaran daring
  5. Mendata kemampuan guru terkait penguasaan media pembelajaran daring (WA, FB, Webex, Zoom, Google Classroom, dll)
  6. Merancang solusi untuk guru dan muridyang mengalami hambatan dalam penggunaan media pembelajaran daring (pelatihan singkat, pendampingan teman sejawat, belajar mandiri, home visit, dll)
  7. Mendata kepemilikan fasilitas pembelajaran daring peserta didik (Komputer, HP, kuota internet, dll)
  8. Merevisi RKAS sesuai regulasi yang berlaku (Revisi Juknis BOS Reguler/SE Terkait) Permendikbud No 19 tahun 2020 dan SE No 4 Tahun 2020
  9. Meminta guru membuat perencanaan pembelajaran daring (harian/mingguan/yang disepakati sehingga orangtua paham yang harus dilakukan)
  10. Mendelegasikan kepada guru untuk sosialisasi pelaksanaan pembelajaran daring dan media yang digunakan kepada orang tua peserta didik
  11. Meminta guru menyiapkan/menyusun bahan ajar/tugas yang akan diunggah/didistribusikan kepada peserta didik
  12. Meminta guru untuk mengirim/mengunggah bahan/media pembelajaran berupa modul, tutorial, video, latihan soal, dan lembar kerja ke media yang telah ditetapkan atau disepakati bersama
Langkah Pelaksanaan:
  1. Memberi arahan guru agar memberikan penjelasan atas pertanyaan/tugas yang disampaikan kepada orangtua/murid
  2. Memberi arahan guru untuk memeriksa dan melakukan evaluasi atas proses pembelajaran dari rumah untuk mendapatkan umpan balik hasil pembelajaran
  3. Memberi arahan guru untuk memberikan umpan balik ragam penugasan yang telah diselesaikan siswa
  4. Mengagendakan koordinasi/rapat online secara rutin dengan seluruh guru dan staf sekolah secara intensif (media WAG, Telegram, Webex, Zoom, dll) tentang perkembangan pelaksanaan pembelajaran daring
  5. Menjalin komunikasi intensif sesama Kepala Sekolah (MKKS/K3S) untuk belajar dari pengalaman komunitas sejawat
  6. Melibatkan pihak-pihak terkait (Pengawas sekolah, komite sekolah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat) dalam rangka membangun kepercayaan bersama
  7. Memantau kesehatan guru/peserta didik melalui WAG atau media lain yang dikelola oleh wali kelas/guru kelas
  8. Memberikan informasi perkembangan positif tentang pandemi Covid-19 dan tips-tips untuk
  9. hidup sehat kepada guru, orangtua, maupun murid

Langkah Evaluasi:
  1. Memberikan umpan balik kepada guru terkait tugas pembelajaran daring yang telah dilakukan guru (reward/penghargaan bagi guru yang rajin/kooperatif,dll)
  2. Melakukan pembimbingan/pendampingan online bagi guru yang belum melaksanakan tugas dengan baik
  3. Melaksanakan supervisi/monitoring pembelajaran secara online untuk memantau keterlaksanaan proses pembelajaran daring
  4. Mengidentifikasi kendala/permasalahan yang ditemukan setelah pembelajaran daring
  5. Melaporkan hasil kegiatan belajar daring kepada dinas Pendidikan dan orang tua peserta didik
Selengkapnya download Panduan disini

Agenda Daring IGI Sumatera Utara:
1. Mengelola Kelas dalam Genggaman Smartphone Google Classroom 3-7 Juni 2020    Daftar disini
2. Membuat Soal Tes Online dengan Microsoft Form (G-1) : 9-11 Juni 2020 Daftar disini
3. Pemanfaatan GForm untuk Tes Online Smartphone (G-6) : 15-18 Juni 2020 Daftar disini
4. Penilaian Online Quizizz (G-3) : 20-24 Juni 2020 Daftar disini
5. Daring Pemanfaatan Google Sites sebagai Media Pembelajaran (25 s/d 29 Juni 2020)  Daftar disini

Agenda Workshop Daring Kegiatan Bulan Juli 2020:
6. Workshop Daring Penyusunan RPP Sederhana Sekolah Dasar (G-1): 1 s/d 4 Juli 2020 Baca Selengkapnya

Agenda Daring Kegiatan Bulan Mei 2020:
1. Daring Pemanfaatan GForms dan GBoard untuk membuat Tes Online dari HP Smartphone Gelombang 4 (29 April s/d 2 Mei 2020)
2. Daring Penilaian Online Quizizz (3 s/d 7 Mei 2020)
3. Daring Pemanfaatan GForms dan GBoard untuk membuat Tes Online dari HP Smartphone Gelombang 5 (9 s/d 12 Mei 2020)
4. Daring Pemanfaatan Google Sites sebagai Media Pembelajaran (13 s/d 17 Mei 2020)
5. Daring Pemanfaatan GForms dan GBoard untuk membuat Tes Online dari HP Smartphone Kab. Langkat Gelombang 1 (14 s/d 17 Mei 2020)

Terima Kasih
Semoga Bermanfaat

Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah

Aplikasi ini berdasarkan Juknis Dirjen Pendais Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Aplikasi berformat *.exe dikerjakan secara ofline, didesain dengan Ms Excel 2010. Aplikasi didesain untuk memudahkan Kepala Madrasah melakukan Penilaian Diri tentang Kinerjanya sehingga dapat mengetahui aspek/ komponen mana yang harus diperbaiki.
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)

  
Download Aplikasi Nilai MTs Full Versi:
Aplikasi ini merupakan pasangan Aplikasi Raport versi 08.2019. Aplikasi Nilai dengan KD terintegrasi dapat di download pada tautan berikut: 

1. Aplikasi Nilai Mapel Akidah Akhlak (unduh) 
2. Aplikasi Nilai Mapel Al-Qur'an Hadits (unduh)
3. Aplikasi Nilai Mapel Fikih (unduh)
4. Aplikasi Nilai Mapel Sejarah Kebudayaan Islam (unduh)
5. Aplikasi Nilai Mapel Bahasa Arab (unduh)

Aplikasi Raport MTs Tahun 2019 (download disini)

Aplikasi Mapel SMP Tahun 2019 Full Versi     
1. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Islam (unduh
2. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Kristen Protestan (unduh)
3. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Kristen Katolik (unduh) 
4. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Hindu (unduh)
5. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Agama Budha (unduh)
6. Aplikasi Nilai Mapel PPKN (unduh)
7. Aplikasi Nilai Mapel Bahasa Indonesia (unduh)
8. Aplikasi Nilai Mapel Matematika (unduh)
9. Aplikasi Nilai Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (unduh)
10. Aplikasi Nilai Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial (unduh)
11. Aplikasi Nilai Mapel Bahasa Inggris (unduh)  
12. Aplikasi Nilai Mapel Pend. Jasmani Olah Raga (unduh)
13. Aplikasi Nilai Mapel Seni Budaya (unduh)
14. Aplikasi Nilai Mapel Prakarya (unduh)
15. Aplikasi Nilai Mapel Informatika (unduh)   
Support Aplikasi: 
Support Aplikasi: Ms Office Excel Minimal 2010  install Standard.
Aplikasi Berformat *.EXE (Application)


Semoga Bermanfaat 
Bacaan Lainnya
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019 
Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal.  Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data  Siswa; (2). Data Sekolah;  (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal(2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi;  (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi: 
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi

Selanjutnya Baca disini 

Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung,  menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan  PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya

Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD 

(PK Guru 360 Derajat)
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung,  menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya 

Semoga Bermanfaat. 
Share:

Total Pengunjung

BTemplates.com

Followers

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blog Archive

Apakah Blog ini Bermanfaat?

Blog Archive