Media berbagi pengetahuan, pengalaman, informasi terkait penerapan kurikulum 2013, file aplikasi yang berguna bagi pendidikan.

Aplikasi Tes Kepribadian MBTI

Aplikasi Tes Kepribadian MBTI

Membaca kepribadian adalah ilmu yang sangat menarik. Sebagai Pendidik, Guru perlu mempelajari tipe kepribadian peserta didiknya. Dengan mengetahui tipe kepribadian peserta didik, guru dapat mengarahkan pendidikan dan pekerjaan yang tepat berdasarkan analisis tipe kepribadian untuk peserta didiknya.

Di antara tes kepribadian inventori yang boleh dikatakan paling akurat, mudah digunakan dan banyak dipakai adalah MBTI (Myer Briggs Type Indicator). MBTI dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya yang bernama Isabel Briggs Myers berdasarkan teori kepribadian dari Carl Gustav Jun.

Empat (4) Skala Kecenderungan MBTI bersandar pada empat dimensi utama yang saling berlawanan (dikotomis). Walaupun berlawanan sebetulnya kita memiliki semuanya, hanya saja kita lebih cenderung/nyaman pada salah satu arah tertentu.  

Berikut empat skala kecenderungan MBTI;
1.    Extrovert (E) vs. Introvert (I).
Dimensi EI melihat orientasi energi kita ke dalam atau ke luar. Ekstrovert artinya tipe pribadi yang suka dunia luar. Mereka suka bergaul, menyenangi interaksi sosial, beraktifitas dengan orang lain, serta berfokus pada dunia luar dan action oriented. Mereka bagus dalam hal berurusan dengan orang dan hal operasional. Sebaliknya, tipe introvert adalah mereka yang suka dunia dalam (diri sendiri). Mereka senang menyendiri, merenung, membaca, menulis dan tidak begitu suka bergaul dengan banyak orang. Mereka mampu bekerja sendiri, penuh konsentrasi dan focus. Mereka bagus dalam pengolahan data secara internal dan pekerjaan back office.

2.   Sensing (S) vs. Intuition (N).
Dimensi SN melihat bagaimana individu memproses data. Sensing memproses data dengan cara bersandar pada fakta yang konkrit, praktis, realistis dan melihat data apa adanya. Mereka menggunakan pedoman pengalaman dan data konkrit serta memilih cara-cara yang sudah terbukti. Mereka fokus pada masa kini (apa yang bisa diperbaiki sekarang). Mereka bagus dalam perencanaan teknis dan detail aplikatif. Sementara tipe intuition memproses data dengan melihat pola dan hubungan, pemikir abstrak, konseptual serta melihat berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Mereka berpedoman imajinasi, memilih cara unik, dan berfokus pada masa depan (apa yang mungkin dicapai di masa mendatang). Mereka inovatif, penuh inspirasi dan ide unik. Mereka bagus dalam penyusunan konsep, ide, dan visi jangka panjang.

3.   Thinking (T) vs. Feeling (F).
Dimensi ketiga melihat bagaimana orang mengambil keputusan. Thinking adalah mereka yang selalu menggunakan logika dan kekuatan analisa untuk mengambil keputusan. Mereka cenderung berorientasi pada tugas dan objektif. Terkesan kaku dan keras kepala. Mereka menerapkan prinsip dengan konsisten. Bagus dalam melakukan analisa dan menjaga prosedur/standar. Sementara feeling adalah mereka yang melibatkan perasaan, empati serta nilai-nilai yang diyakini ketika hendak mengambil keputusan. Mereka berorientasi pada hubungan dan subjektif. Mereka akomodatif tapi sering terkesan memihak. Mereka empatik dan menginginkan harmoni. Bagus dalam menjaga keharmonisan dan memelihara hubungan.

4.   Judging (J) vs. Perceiving (P).
Dimensi terakhir melihat derajat fleksibilitas seseorang. Judging di sini bukan berarti judgemental (menghakimi). Judging diartikan sebagai tipe orang yang selalu bertumpu pada rencana yang sistematis, serta senantiasa berpikir dan bertindak teratur (tidak melompat-lompat). Mereka tidak suka hal-hal mendadak dan di luar perencanaan. Mereka ingin merencanakan pekerjaan dan mengikuti rencana itu. Mereka bagus dalam penjadwalan, penetapan struktur, dan perencanaan step by step. Sementara tipe perceiving adalah mereka yang bersikap fleksibel, spontan, adaptif, dan bertindak secara acak untuk melihat beragam peluang yang muncul. Perubahan mendadak tidak masalah dan ketidakpastian membuat mereka bergairah. Bagus dalam menghadapi perubahan dan situasi mendadak.

Aplikasi Tes Kepribadian MBTI.
Aplikasi ini dikembangkan atas inspirasi dari blog nafismudrika.wordpress.com. Dalam tes MBTI, kita akan disodori sejumlah pertanyaan yang pada intinya akan mengarahkan kita pada sisi mana kita berada untuk keempat dimensi di atas. Untuk dimensi Extrovert (E) vs. Introvert (I) misalnya, apakah kita cenderung berada pada sisi E atau I.

Demikian juga untuk dimensi lainnya. Karena terdapat empat dimensi, maka kemungkinan kombinasinya menjadi 16 tipe : (ENTJ, ISTJ, ENFP, dst).  Masing-masing memberikan deskripsi yang unik untuk pola kepribadiannya.


Silahkan download aplikasinya 
(download disini)

Password Login: maspur

Contoh Output Tes MBTI:





Baca Artikel Lainnya:

Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs

Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung,  menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan  PK Guru setiap tahunnya. Berdasarkan Permendikbud Nomor 15 Tahun 2016 Kepala Sekolah Negeri/Swasta Wajib melaksanakan Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan serta membuat Laporan Penilaian Kinerja tersebut.
Output Aplikasi Penetapan Angka Kredit PK Guru sebagai berikut:
1. Format 1 B: Laporan dan Evaluasi Penilaian Kinerja Guru Mapel, BK dan TIK
2. Format 1 C: Rekap Hasil Penilaian Kinerja Guru 
Mapel, BK dan TIK
3. Format 1 D: Format Perhitungan Angka Kredit PK Guru 
Mapel, BK dan TIK
4. Profil Guru: Menampilan Nilai dan Predikat Komponen berdasarkan Data Kuosioner
5. Rekapitulasi PK Guru 
Mapel, BK dan TIK


Baca Selengkapnya

Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD/MI

.
Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SD/MI Negeri/Swasta dalam menghitung,  menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan  PK Guru setiap tahunnya. Berdasarkan Permendikbud Nomor 15 Tahun 2016 Kepala Sekolah Negeri/Swasta Wajib melaksanakan Penilaian Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan serta membuat Laporan Penilaian Kinerja.

Output Aplikasi Penetapan Angka Kredit PK Guru sebagai berikut:
1. Format 1 B: Laporan dan Evaluasi Penilaian Kinerja Guru Kelas
2. Format 1 C: Rekap Hasil Penilaian Kinerja Guru Kelas
3. Format 1 D: Format Perhitungan Angka Kredit PK Guru Kelas
4. Profil Guru: Menampilan Nilai dan Predikat Komponen berdasarkan Data Kuosioner 
5. Rekapitulasi PK Guru 



Baca Selengkapnya

Share:

0 komentar:

Total Pengunjung

BTemplates.com

Followers

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blog Archive

Apakah Blog ini Bermanfaat?

Blog Archive