Media berbagi pengetahuan, pengalaman, informasi terkait penerapan kurikulum 2013, file aplikasi yang berguna bagi pendidikan.

Ekosistem Sekolah



Ekosistem sekolah mengacu pada berbagai elemen yang saling berinteraksi dalam lingkungan pendidikan di sebuah sekolah. Seperti halnya ekosistem alam, ekosistem sekolah juga memiliki berbagai komponen yang berperan dalam mendukung perkembangan dan fungsi yang efektif. 

Berikut adalah beberapa komponen utama dalam ekosistem sekolah:

1. Siswa: 
Siswa adalah pusat dari ekosistem sekolah. Mereka adalah individu yang belajar, berpartisipasi dalam aktivitas ekstrakurikuler, dan berinteraksi dengan guru, staf, dan teman sekelas.

2. Guru dan Staf: 
Guru adalah fasilitator utama pembelajaran di sekolah. Mereka merencanakan dan menyampaikan materi pelajaran, memberikan bimbingan, dan mengevaluasi kemajuan siswa. Staf sekolah lainnya, seperti petugas administrasi dan petugas kebersihan, juga berperan penting dalam menjalankan operasional sekolah.

3. Kurikulum: 
Kurikulum mencakup rencana pembelajaran yang mencakup materi pelajaran, metode pengajaran, serta tujuan pembelajaran. Kurikulum yang baik merancang pengalaman belajar yang relevan dan menarik bagi siswa.

4. Metode Pengajaran: 
Metode pengajaran mencakup cara-cara guru menyampaikan materi pelajaran dan berinteraksi dengan siswa. Ini bisa melibatkan ceramah, diskusi kelompok, proyek, presentasi, dan penggunaan teknologi.

5. Sarana dan Prasarana: 
Fasilitas fisik sekolah, seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, lapangan olahraga, dan fasilitas teknologi, merupakan bagian penting dari ekosistem sekolah.

6. Teknologi Pendidikan: 
Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pembelajaran. Ini termasuk perangkat keras (komputer, tablet) dan perangkat lunak (aplikasi pembelajaran, platform daring).

7. Kegiatan Ekstrakurikuler: 
Kegiatan di luar kurikulum utama, seperti olahraga, seni, klub debat, dan kelompok studi, membantu mengembangkan minat dan bakat siswa serta mempromosikan kerjasama dan kepemimpinan.

8. Keterlibatan Orang Tua: 
Peran orang tua sangat penting dalam mendukung pendidikan anak-anak mereka. Keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah, pertemuan orang tua-guru, dan dukungan di rumah dapat membantu kesuksesan siswa.

9. Pemimpin Sekolah: 
Kepala sekolah atau kepala sekolah memimpin operasional sekolah, merencanakan strategi, dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran dan pengembangan siswa dan guru.

10. Budaya Sekolah: 
Budaya sekolah mencakup norma, nilai-nilai, dan praktek-praktek yang mendefinisikan lingkungan belajar. Budaya yang positif dan inklusif dapat memberikan dorongan pada motivasi dan prestasi siswa.

Semua komponen ini saling terkait dan berinteraksi untuk menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan mendukung perkembangan optimal siswa. Ketika ekosistem sekolah berfungsi dengan baik, siswa memiliki peluang terbaik untuk tumbuh dan berkembang secara akademis, sosial, dan emosional.

Membangun Ekosistem Sekolah Yang Berpusat Pada Siswa

Membangun ekosistem sekolah yang berpusat pada siswa adalah suatu pendekatan yang sangat berharga untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan perkembangan siswa. 

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menciptakan ekosistem sekolah yang berfokus pada siswa:

1. Memahami Kebutuhan Siswa: 
Lakukan penelitian dan survei untuk memahami kebutuhan, minat, dan preferensi siswa. Ini dapat membantu merancang kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler yang lebih relevan dan menarik bagi mereka.

2. Partisipasi Siswa: 
Berikan siswa kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan terkait sekolah. Libatkan mereka dalam proses perencanaan kurikulum, pemilihan kegiatan ekstrakurikuler, dan pengembangan kebijakan sekolah.

3. Pembelajaran Berbasis Proyek: 
Gunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek di mana siswa terlibat dalam proyek nyata yang relevan dengan kehidupan mereka. Ini akan meningkatkan rasa tanggung jawab, keterampilan kolaborasi, dan pemecahan masalah.

4. Pembelajaran Berdiferensiasi: 
Kenali perbedaan dalam gaya belajar dan kemampuan siswa. Sesuaikan metode pengajaran dan materi pelajaran agar sesuai dengan kebutuhan individu, sehingga setiap siswa dapat berkembang sesuai potensi mereka.

5. Penggunaan Teknologi Pendidikan: 
Manfaatkan teknologi pendidikan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Platform daring, aplikasi pembelajaran, dan alat interaktif dapat membantu siswa belajar dengan lebih menarik dan efektif.

6. Pengembangan Keterampilan Hidup: 
Selain mata pelajaran akademis, ajarkan keterampilan hidup penting seperti pemecahan masalah, keterampilan komunikasi, literasi finansial, dan keterampilan emosional.

7. Mentor dan Bimbingan: 
Sediakan program mentor dan bimbingan di mana siswa dapat berkonsultasi tentang rencana karir, tugas sekolah, dan masalah pribadi. Ini membantu mengembangkan hubungan yang lebih mendalam antara siswa dan guru.

8. Evaluasi Formatif: 
Gunakan evaluasi formatif yang berkelanjutan untuk memberikan umpan balik kepada siswa tentang perkembangan mereka. Ini membantu siswa memahami kekuatan mereka dan area yang perlu ditingkatkan.

9. Kegiatan Ekstrakurikuler yang Beragam: 
Sediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang mencakup seni, olahraga, sains, teknologi, sosial, dan banyak lagi. Ini memungkinkan siswa mengeksplorasi minat mereka di luar kelas.

10. Budaya Inklusif: 
Ciptakan budaya sekolah yang inklusif dan ramah bagi semua siswa. Hindari perundungan (bullying) dan diskriminasi, serta upayakan agar semua siswa merasa diterima dan dihargai.

11. Dukungan Emosional dan Kesejahteraan: 
Prioritaskan kesejahteraan mental dan emosional siswa. Sediakan dukungan konseling dan sumber daya untuk mengatasi tekanan dan tantangan yang mereka hadapi.

12. Pelibatan Orang Tua: 
Libatkan orang tua dalam proses pendidikan. Berkomunikasi secara teratur melalui pertemuan, laporan perkembangan, dan acara sekolah.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat membentuk ekosistem sekolah yang berpusat pada siswa, di mana setiap siswa merasa didengar, dihargai, dan didukung dalam mencapai potensi mereka.

Bacaan Lainnya:

Aplikasi Supervisi Online Offline

Aplikasi ini didesain untuk menyahuti perkembangan tehnologi digital sehingga memudahkan dunia kerja, khususnya kepala sekolah dan lainnya. Aplikasi ini didesain menyahuti keperluan supervisi pada kurikulum merdeka dan juga kurikulum 2013

Output Aplikasi:
Terdapat 16 file output Aplikasi Supervisi Online Ofline ini antara lain:
1. Output Pengolahan 5 Instrumen, 5 file
2. Output Rencana Tindak Lanjut (RTL), 5 file
3. Output Rekap 5 file
4. Output Evaluasi Keterlaksanaan, 1 file
Selanjutnya baca disini


Aplikasi diembangkan berdasarkan Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum merdeka tahun 2022.

Output Aplikasi Raport MTs sbb:
  1. Raport semester Ganjil dan Genap
  2. Ranking semester Ganjil dan Genap
  3. Daftar Kumpulan Nilai (DKN) semester Ganjil dan Genap
  4. Buku Induk

Aplikasi Raport Projek Profil Pancasila

Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Panduan Raport Projek Profil Pancasila. Mudan dan praktis. Selanjutnya (baca....)






Aplikasi dikembangkan berdasarkan Panduan Asesmen Kurikulum Merdeka.Tutorial Penggunaan Aplikasi  Raport Kurikulum Merdeka SMP/SMA  Tutorial Penggunaan Aplikasi Nilai Kurikulum Merdeka SMP/SMA



    Selanjutnya (baca disini)

Aplikasi Nilai Sekolah Penggerak (baca)
Aplikasi Nilai Sekolah Penggerak
Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Modul Ringkasan Materi Program Sekolah Penggerak, April 2021
Input Nilai pada Aplikasi Nilai:
Asesmen Formatif: (1): Penilaian Harian (PH); (2) Penugasan; (3) Penilaian Tengah Semester (PTS); (4) Penilaian Non Tes (Praktik/Produk, Proyek, Drama, Presentasi. Lisan,  Refleksi, Esai, Jurnal, Poster)                  
Asesmen Sumatif:  (1) Penilaian Akhir Semester (PAS); (2) Penilaian Non Tes (Praktik, Produk, Proyek, Drama, Presentasi, Lisan, Refleksi. Esai, Jurnal, Poster)  Selanjutnya baca ....disini

Aplikasi Raport Sekolah Penggerak (baca)

Aplikasi ini dikembangkan berdasarkan Modul Ringkasan Materi Program Sekolah Penggerak, April 2021 dengan output sbb:

  1. Raport Semester Ganjil dan Genap
  2. DKN Semester Ganjil dan Genap
  3. Ranking
Untuk SMP outputnya: (1) Raport Semester Ganjil dan Genap (2) DKN Semester Ganjil dan Genap; (3) Ranking; (4) Buku Induk; (5) Rekap Kenaikan Kelas
Selanjutnya baca ....disini

Aplikasi Supervisi Tendik (klik tautan)

Supervisi guru dan tendik intinya adalah serangkaian kegiatan membantu guru dan tendik dalam rangka meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran....
Adapun jenis tenaga kependidikan yang dimaksud dalam bahasan ini antara lain adalah Tenaga Administrasi Sekolah/TAS (kepala TAS, pelaksana urusan, tenaga layanan khusus), Tenaga perpustakaan (Kepala Perpustakaan, tenaga perpustakaan), Tenaga laboratorium (Kepala laboratorium, teknisi laboratorium, laboran), dan Ketua program keahlian (SMK). Selanjutnya....

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah Pasal 9 ayat (1) Beban Kerja Kepala Sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas:
  1. Manajerial;
  2. Pengembangan Kewirausahaan; dan
  3. Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Dalam Lampiran II Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tsb, bukti kerja ditagih Bukti Fisik sbb: Program Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan; Laporan Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Guru; Laporan Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Tenaga Kependidikan; Laporan Evaluasi Pelaksanaan dan Hasil Supervisi Tenaga Kependidikan. Selanjutnya klik untuk buka dan baca 

Aplikasi Penilaian Diri Kinerja Kepala Madrasah

Aplikasi ini berdasarkan Juknis Dirjen Pendais Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah. Aplikasi berformat *.exe dikerjakan secara ofline, didesain dengan Ms Excel 2010. Aplikasi didesain untuk memudahkan Kepala Madrasah melakukan Penilaian Diri tentang Kinerjanya sehingga dapat mengetahui aspek/ komponen mana yang harus diperbaiki.
Output Aplikasi:
1. Rekap Awal Tahun Kinerja Kepala Madrasah
2. Rekap Akhir Tahun Kinerja Kepala Madrasah
3. Rekomendasi Awal Tahun hal yang harus diperbaiki
4. Rekomendasi Akhir Tahun hal yang harus diperbaiki
5. Rekap Awal dan Akhir serta Hasil Penilaian Kinerja Tahunan (Selanjutnya...)

  Bacaan Lainnya

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 MTs Versi 08.2019 
Aplikasi ini berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian MTs September 2018 (KMA 5162 Tahun 2018). Aplikasi dikerjakan secara ofline, sudah memuat Kompetensi Dasar (KD) semua mapel kecuali mapel muatan lokal.  Aplikasi Raport tetap berformat *.exe untuk menjaga hak cipta (karya intelektual) pembuatnya. Didesain dengan Ms Excel 2010.
Input Data Aplikasi Raport:
1. Data  Siswa; (2). Data Sekolah;  (3). Input Nilai (Copy) Aspek Pengetahuan dan Aspek Ketrampilan; (4). Input Nilai Sikap.
Output Raport Raport:
1. Raport Semester Ganjil/Genap KKM Tunggal(2). Raport Semester Ganjil/Genap KKM Multi;  (3). Daftar Kumpulan Nilai (DKN)/Legger; (4). Daya Serap; (5). Rekap Kenaikan Kelas; (6). Buku Induk Siswa
Kelebihan Aplikasi: 
1. KD sudah terintegrasi pada aplikasi Nilai dan Raport; (2). Dikerjakan Offline; (3). Output meliputi Laporan Semester Ganjil dan Genap meliputi Laporan Hasil Belajar, Daftar Kumpulan Nilai (DKN), Legger, Daya Serap, Buku Induk, Rekap Kenaikan Kelas; (4). Laporan Hasil Belajar KKM Tunggal dan KKM Multi

Selanjutnya Baca disini 

Apk Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SMP/MTs (PK Guru 360 Derajat)

Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala SMP/MTs Negeri/Swasta dalam menghitung,  menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan berdasarkan  PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya

Aplikasi Penetapan Angka Kredit Tahunan PK Guru SD 

(PK Guru 360 Derajat)

Aplikasi ini didesain untuk memudahkan Kepala Sekolah Dasar (SD) dalam menghitung,  menentukan dan menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru setiap tahunnya.
Aplikasi ini didesain berdasarkan Konsep Buku Panduan Kerja Kepala Sekolah yang diterbitkan oleh: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada April 2017, Kepala Sekolah Wajib melakukan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Menetapkan Angka Kredit Tahunan dari PK Guru. Silahkan Baca Selanjutnya 

Semoga Bermanfaat. 
Share:

0 komentar:

Total Pengunjung

BTemplates.com

Followers

Contact Form

Name

Email *

Message *

Blog Archive

Apakah Blog ini Bermanfaat?

Blog Archive